Modal Sarang Burung Walet Sederhana

Bisnis sarang burung walet sudah populer sejak lama sampai sekarang ini. Banyak para pengusaha sukses dan kaya raya bermunculan dari usaha ini. Hal ini tak terlepas usaha sarang walet menguntungkan sekali dengan modal yang lumayan besar. Mereka yang sukses bisnis sarang walet adalah mereka yang berani memulai bisnis ini dengan modal yang memadai. Rincian modal sarang walet mulai awal hingga berdiri yang dikeluarkan oleh mereka lumayan besar hingga miliaran rupiah. Sebanding dengan keuntungan yang diperolehnya bisa dua kali lipat atau lebih.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah berapa besar modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka bisnis sarang walet dari awal hingga berdiri. Tentu saja tidak ada angka yang mutlak. Karena harga perlengkapan usaha walet, upah karyawan dan harga kayu serta bahan bangunan lainnya dan seterusnya berbeda-beda di setiap wilayah.

Adapun modal usaha sarang walet dari awal sampai berdiri dimulai dari bangunan atau gedung lokasi walet. Lokasi gedung diusahakan berada di daerah yang lembab udara dan jauh dari kebisingan agar membuat betah sang burung walet untuk berdiam diri dan bersarang disana. Untuk membuat bangunan rumah walet membutuhkan biaya yang sangat besar sekitar ratusan juta rupiah hingga miliaran. Hal ini karena luas bangunan walet minimal 10 meter x 10 meter dengan empat lantai. Atas hal inilah bisnis sarang walet termasuk usaha yang membutuhkan modal lumayan besar.

Bisnis sarang burung walet bukanlah usaha modal kecil. Namun usaha yang memerlukan modal yang sangat besar jika dimulai dari nol. Seperti membeli lokasi tanah yang cocok, membangun gedung walet dan perlengkapan usaha. Semua itu bisa menghabiskan dana modal awal sebesar Rp 500 juta, namun potensi keuntungan bisa mencapai dua miliar rupiah lebih dalam satu tahun. Balik modal dalam waktu cepat.

Namun ada cara memulai usaha sarang walet dari awal sampai berdiri dengan modal kecil. Caranya dengan menggunakan sumber daya yang sobat miliki. Misalnya menggunakan rumah kosong atau gedung kosong seperti pondok di sawah, garasi, kamar, gudang milik sobat sebagai rumah walet. Sehingga anda tak mesti membangun rumah baru bagi burung walet atau hemat biaya hingga 80 persen. Anda juga bisa membangun rumah walet dari bahan yang murah misalnya kayu atau bambu dalam bentuk joglo dan pendopo untuk menghemat biaya usaha

Ukuran Rumah Burung Walet

Modal usaha yang utama adalah lokasi tanah milik sendiri yang memadai. Kemudian di atas tanah tersebut dibangun rumah walet dengan ukuran yang mencukupi misalnya dengan perumpamaan 10 x 10 empat tingkat atau tinggi 20 meter. Dan ditentukan pula bahan bangunan gedung tersebut dari kayu atau beton yang berpengaruh kepada harga. Dari sana jelas, modal usaha yang diperlukan yaitu membeli tanah Rp 100 juta. Jika mempunyai tanah milik sendiri tentu menghemat biaya investasi. Lalu biaya membangun bangunan yang bisa mencapai Rp 400 juta.

Berikutnya modal usaha sarang burung walet yaitu sarana dan perlengkapan rumah burung walet yang meliputi pipa berukuran 4 centimeter, busa yang digunakan sebagai pelapis dinding kandang walet, sound sistem burung walet seharga Rp 4 juta, pipa L berguna untuk keluar masuk udara atau ventilasi, tweeter panggil dan inap walet, peralatan tenaga surya dengan aneka ukuran watt, mesin pengembun, dan biaya lain sebagainya yang tak bisa diduga.

Itulah modal usaha yang diperlukan dalam membuka usaha sarang walet dari awal hingga berdiri. Langkah selanjutnya adalah menarik burung walet untuk menetap dan bersarang di gedung tersebut. Caranya dengan menempelkan kotoran burung walet, memutar kaset suara burung walet, menyediakan batang gaharu, menjaga suhu bangunan agar tetap lembab dan memasang ventilasi udara yang terbatas. Hal ini dilakukan agar bangunan tersebut sesuai sekali dengan habitat asli burung walet yang biasanya di gua. Jika di wilayah sobat banyak burung walet atau sentra penghasil sarang burung walet maka tak perlu waktu yang lama maka burung walet akan berdatangan. Dari sinilah pundi-pundi keuangan siap anda peroleh.

Adapun biaya operasional sehari-hari usaha sarang walet tidaklah ribet dan mahal. Yang penting untuk menjaga keamanan saja karena usaha sarang walet rawan pencurian maka sobat bisa mempekerjakan seseorang untuk menjaga keamanan yang maksimal dengan upah yang layak. Hal ini tak terlepas dari para pencuri sangat tergiur dengan nilai ekonomis sarang walet. Langkah selanjutnya untuk menjaga usaha walet berjalan lancar, sobat dapat mengadakan hubungan yang baik dengan penduduk sekitar misalnya memberikan bantuan tertentu kepada masyarakat sekitar.

Cara Membuat Rumah Burung Walet Sederhana

Pilih Lokasi yang Tepat

Salah satu metode membuat rumah yang disukai walet adalah harus membuat di lokasi favorit mereka. Carilah tempat yang memang terdapat banyak populasi walet di sana. Kemudian, ada beberapa cara mendatangkan walet ke rumah, yaitu menggunakan parfum walet, rekaman suara, dan membeli bibir berupa telur walet.

Gunakan Cat Tembok Warna Hitam untuk Bagian Luar

Cara membuat rumah walet lembab antara lain harus menggunakan cat tembok warna hitam di bagian luar gedung. Hal ini berfungsi untuk menyerap hawa panas yang berlebihan sehingga mengganggu produksi burung walet.

Suhu Rumah Walet

Pantangan burung walet dalam membudidayakannya adalah tidak boleh dipelihara dalam suhu ruangan yang panas.Idealnya, suhu rumah burung walet harus berkisar antara 27-29 derajat celcius.Suhu ini merupakan suhu biasa yang terdapat di alam habitat walet. Jika suhu terlalu tinggi akan membuat walet menghasilkan air liur dengan kualitas buruk. Seperti, cepat retak, hancur bahkan keropos dan membuat walet susah bertelur. Sedangkan bila suhu terlalu rendah maka, bisa membuat walet kedinginan sampai jatuh sakit. Akibatnya produksi air liur tidak optimal hingga menimbulkan kematian.

Buatkan Satu Pintu Masuk

Lanjut, cara membuat sarang walet sederhana berikutnya adalah menyertakan satu pintu masuk.

Pasang Ventilasi Udara

Cara merawat rumah walet berikutnya adalah memberikan ventilasi udara yang tepat. Pemasangan ventilasi dalam rumah burung walet bisa disesuaikan dengan lokasi kendang yang dibangun. Jika berada di dataran rendah maka jumlah ventilasi udaranya bisa diperbanyak sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk dataran tinggi, ventilasi bisa dibuat dengan jarak 4 meter agar suhunya tidak terlalu dingin. Pastikan pula untuk menutup lubang-lubang udara dengan kain jarang atau kain hitam di tiap sisinya. Kurang lebih satu meter per satu lubang agar oksigen tetap bisa masuk ke dalam.

Ukuran Gedung Walet

Pada umumnya, ukurang rumah burung walet sangat bervariasi, bisa gedung 5 lantai atau 2 lantai dengan ketinggian per lantainya 2-2,5 meter. Ada pula rumah walet berukuran 8×12 meter atau memperkecil ukuran menjadi 4×4 meter. Jika ingin menghemat biaya pembuatan rumah walet, maka bangunlah di atas rumah tinggal milikmu. Sehingga, bisa menekan biaya urung, pondasi, hingga jasa tukang bangunan.

Gunakan Bahan Bangunan Terjangkau

Membuat rumah walet murah cukup menggunakan material biasa namun tetap efektif. Kamu bisa membangun rumah walet dengan kayu ulin sebagai tiang, seng sebagai dinding luar, dan alumunium foil untuk penahan panas agar suhu tetap stabil. Selain itu, untuk meredam panas bisa menggunakan bahan-bahan alternatif seperti, kardus, atap daun, dan segala bahan yang berasal dari alam.

Apakah sahabat walet sudah bersiap untuk memulai usaha burung walet? Untuk membantu sahabat walet, kami Markas Walet siap membantu sahabat walet mewujudkan impian berbisnis burung walet hingga sukses.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com