Keuntungan Sarang Burung Walet

Manfaat burung walet memiliki banyak potensi yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Terlepas dari fungsi sarang waletnya yang banyak dicari untuk pengobatan, kecantikan, sarang walet membawa banyak keuntungan untuk dikembangkan. Setelah melakukan beberapa survei literatur dan cek harga di beberapa marketplace, harga satu sarang walet belum siap konsumsi dapat mencapai sekitar Rp.7.000.000 – Rp.23.500.000.

Sahabat walet bisa membayangkan berapa banyak penghasilan yang didapatkan dari keuntungan sarang walet bukan? Lantas mengapa sarang walet memiliki banyak keuntungan? Selain sarangnya, sahabat walet juga bisa menjual beberapa hal yang berhubungan dengan burung walet yakni:

  • Suara tiruan burung walet: berfungsi untuk memancing burung walet singgah di sarang
  • Vaksin burung walet: berfungsi untuk memberikan rangsangan kepada anak burung walet, serta mempercepat pertumbuhan adaptasi anakan di RBW. Vaksin juga berguna untuk menghlangkan stress pada pada burung walet
  • CCTV: berfungsi untuk memantau kegiatan yang berada di RBW
  • Kotoran burung walet: kotoran ini berfungsi untuk menyuburkan tanaman sehingga seringkali dijadikan pupuk, karena Kotoran walet dapat mengontrol jumlah nematoda yang pada umumnya memberi efek negatif pada tanaman di dalam tanah
  • Alat panen sarang burung: tahapan memanen sarang burung walet juga harus dilaksanakan secara teliti, maka dari itu petani memiliki beberapa alat yang digunakan untuk panen diantaranya: cutter, ember, alat penyemprot, tangga.
  • Jasa konsultasi: pemilihan mentor yang tepat akan membantu petani walet meraup kesuksesan, maka dari banyak peluang yang bisa digali melalui bisnis sarang walet.
  • Speaker: untuk membantu proses penyaluran suara burung tiruan
  • Alat cuci sarang burung walet: pencucian sarang burung walet merupakan salah satu tahap yang harus dilakukan sebelum diberikan ke konsumen, sehingga banyak petani walet yang membutuhkan alat-alat pencucian sarang burung walet

Kerugian dari Hama Burung Walet

Hama berupa jamur dan tikus menjadi musuh utama pemilik rumah walet dan juga pebisnis walet. Gedung tempat penyimpanan sarang walet sering dipenuhi tikus sehingga mengakibatkan berkurangnya pasokan bahan. Hama sangat mengganggu karena menyebabkan banyak kerugian yang menghambat proses produksi, maka dari itu petani walet harus rajin memberikan pestisida hama dan membersihkan kandang atau rumah burung walet agar terhindar dari hama yang merugikan tersebut.

Pesaing dengan Harga yang Lebih Terjangkau

Ketidakpastian ini berasal dari pengusaha walet lokal yang mengalami kesulitan bersaing karena beberapa pengusaha impor sarang burung walet dari luar negeri siap konsumsi memberikan harga produksi jauh lebih murah dari petani lokal. Hal tersebut membuat para pengusaha lokal harus menurunkan nilai jual produk sarang walet dan menyebabkan harga sarang/produk walet menjadi terjun bebas.

Bahan Mentahan yang Sulit Didapatkan

Setelah banyaknya investor luar negeri yang membeli mentahan sarang walet secara besar-besaran, fenomena tersebut menyebabkan terjadinya kelangkaan bahan. Pastinya kejadian ini dapat mempengaruhi petani/wirausahawan walet lokal (dalam negeri) karena nilai jual produk walet yang siap konsumsi menjadi naik, dan menyebabkan meningkatnya harga bahan akibat adanya kelangkaan yang terjadi di pasar. Proyeksi yang terjadi adalah semakin tinggi harga jualnya maka menyebabkan tingkat permintaan pada sarang walet menurun drastis.

Apakah sahabat walet sudah bersiap untuk memulai usaha burung walet? Untuk membantu sahabat walet, kami Markas Walet siap membantu sahabat walet mewujudkan impian berbisnis burung walet hingga sukses.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com