Usaha Budidaya Sarang Burung Walet

Burung walet memiliki banyak potensi yang bisa dijadikan ladang bisnis. Hal tersebut bisa dilihat pada banyaknya pebisnis muda yang mulai fokus mengembangkan bisnis di bidang burung walet. Indonesia diuntungkan dengan iklimnya yang tropis, sehingga pertumbuhan populasi burung walet banyak ditemukan di beberapa daerah seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera. Tapi tidak menutup kemungkinan sahabat walet dapat mendirikan Rumah Burung Walet (RBW) di luar wilayah. Untuk memulai usaha burung walet ada beberapa hal yang harus diketahui oleh sahabat walet sekalian, kami meringkas beberapa poin penting untuk memulai usaha burung walet.

Cara Memulai Usaha Sarang Burung Walet

Kata memulai pastilah harus diawali dengan niat. Ketika memulai berbisnis sahabat walet harus membangun mindset usaha sarang burung walet yang benar, agar hal tersebut membantu sahabat untuk mengawali budidaya sarang burung walet yang baik dan benar. Yuk simak tips memulai usaha sarang burung walet berikut ini!

  • Mempersiapkan modal sisi fisik materi (uang) yang dibutuhkan. Modal yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan rancangan Rumah Burung Walet (RBW) yang ada. Biasanya modal awal yang dimiliki untuk memiliki rumah burung walet adalah kisaran Rp.500.000.000. Pemilik bisnis bisa mendapatkan rumah burung walet beserta sarana dan prasarana untuk kelengkapan rumah burung walet.
  • Menentukan atau menetapkan lokasi potensial yang strategis. Hal ini dapat dilakukan dengan cek lapangan yang bertujuan untuk melihat potensi keberadaan burung walet.
  • Doa dan ikhtiar agar melawan nafsu untuk hasil yang lebih baik. sering kali ditemukan pemilik bisnis sarang burung walet tidak sabar untuk melihat progres dari
  • Membangun denah atau site-plan untuk merancang bangunan RBW. Denah ini berhubungan dengan bentuk penyekatan, tata ruang, dan letak suara agar tercipta kenyamanan yang disukai burung walet untuk tetap tinggal dan bersarang.

Tips Berbisnis Burung Walet

Bisnis sarang burung walet memang memiliki resiko yang cukup besar ditambah modal yang anda keluarkan juga sangat besar. Untuk menghindari kerugian tersebut, sahabat walet dapat minimalisir kerugian dengan beberapa saran dibawah ini:

Memperhatikan dengan benar kondisi kandang/rumah burung walet

Sebagai tempat tinggal burung walet, kandang atau rumah burung walet tetap harus diperhatikan kualitasnya agar burung walet merasa tetap nyaman dan bisa menghasilkan banyak sarang. Beberapa cara untuk menjaga kualitas kandang burung walet diantaranya menyediakan ventilasi udara yang cukup, menjaga kelembaban kandang sesuai suhu kenyamanan burung walet, dan meredupkan cahaya di kandang untuk menyesuaikan kebiasaan burung walet.

Menghindari hama dengan menjauhkan walet dan sarangnya dari tempat yang berpotensi banyak hama

Pastikan sahabat walet memilih lokasi rumah burug walet yang jauh dengan tempat-tempat berkumpulnya hama seperti tikus, kecoak, cicak, laba-laba, dan hama sejenis yang merusak bisnis burung walet. Hama-hama tersebut akan merusak produksi burung walet seperti memakan sarang walet, memakan burung alet sebagai induk penghasil, dan merusak fasilitas rumah burung walet juga. Tentunya hal tersebut akna membawa banyak kerugian, karena akan merusak harga jual bahkan tidak bisa menjual hasil produksi walet tersebut.

Apakah sahabat walet sudah bersiap untuk memulai usaha burung walet? Untuk membantu sahabat walet, kami Markas Walet siap membantu sahabat walet mewujudkan impian berbisnis burung walet hingga sukses.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com