Tips Sederhana Membuat Rumah Burung Walet

Melihat nilai dari bisnis budidaya sarang burung walet yang semakin tinggi dan menguntungkan, maka tidak mengherankan jika saat ini sudah banyak orang yang mencoba untuk memulai membangun bisnis sarang burung walet. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis sarang burung walet, Anda bisa terlebih dahulu mencoba untuk membuat rumah burung walet yang sederhana namun tetap prospektif dan produktif.

Dewasa ini, sudah banyak pakar atau ahli dalam bidang sarang burung walet yang menawarkan beberapa macam desain gedung atau rumah burung walet yang sederhana. Dilansir dari beberapa sumber, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat rumah burung walet sederhana yang tetap menguntungkan bagi pemiliknya, yuk kita simak!

Menggunakan Ukuran Minimalis yang Tetap Ideal

Pada dasarnya burung walet memang menyukai tempat yang luas sehingga burung walet bisa maneuver dengan bebas tanpa merasa terkurung dalam suatu tempat. Namun, dengan membuat rumah burung walet yang memiliki ukuran minimalis tetap bisa membuat burung walet datang dan tinggal di gedung tersebut. Untuk ukuran minimal rumah burung walet yaitu 4 meter yang terdiri dari 2 lantai.

Menggunakan Bahan yang Lebih Murah namun Tetap Efektif

Pada umumnya, rumah burung walet dibangun dengan bahan – bahan terbaik dan berkualitas dengan kekuatan yang baik pula seperti bahan besi sebagai tulangan gedung, bata atau batako sebagai dinding, dan Styrofoam sebagai penahan panas, serta masih banyak lagi. Namun, untuk membuat rumah burung walet yang sederhana, semua bahan tersebut bisa diganti dengan bahan yang lebih murah namun efektivitas tetap terjaga.

Seperti contohnya bisa menggunakan kayu ulin sebagai tiang, seng sebagai dinding bagian luar, aluminium foil sebagai bahan penahan panas atau isolator yang kemudian di bagian dalamnya bisa dilapisi dengan kalsiboard yang dipasang terbalik atau bagian kasarnya menghadap ke dalam gedung. Dengan menggunakan bahan yang lebih murah tersebut terbukti ampuh dapat menekan dan menurunkan biaya pembangunan rumah burung walet, namun tetap memperoleh suhu stAndar yang digunakan agar burung walet merasa nyaman tinggal di rumah burung walet yang disiapkan.

Tetap Membangun Kolam

Dalam rumah burung walet, kolam merupakan salah satu elemen penting yang harus disiapkan dan diperhatikan pembangunannya. Tujuan dari pembuatan kolam dalam rumah burung walet yaitu untuk memperoleh tingkat kelembaban yang ideal dan sesuai dengan habitat asli burung walet. Jika pada umumnya kolam pada rumah burung walet terbuat dari beton, maka cara sederhana yang bisa dilakukan adalah membuat kolam dengan bahan dari terpal maupun ember.

Kemudian untuk tingkat paling atas pada rumah burung walet, angin – angin yang sudah terpasang tersebut bisa diberikan pipa yang langsung mengarah ke ember ataupun kolam. Hal tersebut dimaksudkan karena angin yang menghembus pada tingkat paling atas rumah gedung walet tersebut bisa membuat air dalam kolam mengalami penguapan dengan cepat dan kelembaban yang diinginkan bisa segera tercapai.

Pembuatan Ventilasi

Rumah burung walet juga harus memiliki ventilasi yang cukup dan jika biasanya rumah burung walet memiliki ventilasi yang terbuat dari pipa dengan ukuran 3 inch atau 4 inch dengan jarak sekitar 1 meter, maka untuk membuat ventilasi yang sederhana bisa menggunakan kayu dan papan.

Pemilihan Material untuk Lantai

Meskipun rumah burung walet dibuat dari bahan dan cara yang lebih sederhana, namun aspek kekuatan dan daya tahan dalam rumah burung walet tersebut harus selalu diperhatikan apakah tahan dalam menahan beban serta tahan lama karena tidak mudah mengalami pelapukan. Anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut bersama ahli atau pakar dalam budidaya sarang burung walet guna tercapainya tujuan yang Anda inginkan. Kami siap membantu Anda untuk mewujudkan rumah burung walet sederhana sesuai keinginan Anda.