Tips Jitu Memulai Bisnis Sarang Walet

Bisnis sarang burung walet merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan sangat menarik karena bisnis ini memiliki konsep yang cukup besar jika berhasil untuk menjalankannya. Biasanya 1 gram sarang burung walet di atas dengan harga Rp20.000 dan untuk satu kilogramnya biasanya akan dihargai dengan harga 20 juta. Komoditas dari budidaya sarang walet ini memiliki banyak manfaat dan banyak diminati karena manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rajin mengkonsumsi sarang burung walet. Hadir berbagai macam olahan dari sarang burung walet yang bisa anda konsumsi. Sarang burung walet memiliki berbagai macam kandungan protein, kolagen kalsium zat antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan dari vitamin tersebut dapat meningkatkan kesegaran tubuh diantaranya untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, sehingga mempercepat regenarasi kulit.

Tips Sukses Memulai Usaha Sarang Walet

Ini berbagai macam tips yang bisa anda lakukan jika anda ingin memulai bisnis sarang burung walet.

Menyiapkan Rumah Walet

Tahap pertama yang perlu Anda siapkan adalah penyiapan tempat atau gedung walet untuk mengundang burung walet datang ke tempat tersebut maka anda perlu melakukan suatu proses untuk memanggilnya dengan menggunakan suara panggil. Anda dapat menyiapkan rumah magnet yang ada di sekitar rawa ataupun sawah yang mana jauh dari kerumunan dan kebisingan.

Rekaman Suara Burung Walet

Anda perlu untuk mengundang burung walet agar datang dan bersarang pada tempat yang telah disediakan. Siapkan rekaman suara burung walet tersebut lalu tempatkan pada tempat yang disediakan. Anda dapat memainkan suara burung walet tersebut menggunakan alat pemutar suara yang diputar pada pukul empat hingga enam sore.

Proses Pembersihan Sarang Walet

Sebagai peternak atau pembudidaya sarang burung walet makalah harus memperhatikan beberapa hal Salah satunya kebersihan dari sarang burung walet yang harus dibersihkan secara berkala. Anda bisa menggunakan alat bantu untuk membersihkan gedung walet yang penuh dengan kotoran walet.

Pembelian Bibit Burung Walet

Jika Anda belum bisa untuk mengundang burung walet datang ke tempat yang sudah anda sediakan maka anda bisa membeli telur burung walet yang sudah tersedia di berbagai tempat terutama pada pasar burung ataupun e-commerce.

Makanan Burung Walet

Ada beberapa jenis dari pakan burung walet di antaranya adalah pakan seperti serangga hingga buah-buahan. Pada umumnya burung walet dewasa dapat mencari makanannya sendiri sehingga tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan makanan. Apabila burung walet kecil biasanya diberikan makan seperti kroto yang disuapi selama 3 hari sekali.