Tidak Cuma Satu, Kenali Lebih Banyak Aneka Jenis Burung Walet di Indonesia

Burung walet merupakan jenis burung yang dibudidayakan bukan untuk diadu keindahan tubuhnya atau suara yang dihasilkannya. Burung walet dibudidayakan untuk kepentingan produksi sarang burung walet. Sarang burung walet adalah sarang yang diciptakan oleh burung walet dengan air liurnya. Burung walet menggunakan sarang yang terbuat dari air liurnya untuk tempat tinggalnya mulai dari mengerami telur hingga membesarkan anak-anaknya.

Sarang burung walet memiliki segudang manfaat karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena khasiat alaminya yang sangat eksklusif, membuat harga sarang walet begitu mahal. Oleh karena itu banyak orang-orang berlomba membudidayakan sarang burung walet dengan membangun rumah burung walet. Terdapat empat jenis burung walet yang dapat ditemukan diberbagai daerah. Berikut ciri khusus yang bisa dipelajari oleh petani walet pemula maupun profesional.

Burung Walet Besar

Burung walet besar memiliki warna hitam pada bulunya. Pada bagian bawah burung memiliki warna cokelat gelap dan bulu ekor memiliki celah. Suara burung walet besar sangat nyaring. Ukurannya paling besar diantara burung walet lainnya, yakni 16cm. Jenis walet ini mampu terbang tinggi dan cepat. Kemampuan cepat itulah membuatnya dapat menyambar serangga sembari terbang. Sarang burung walet besar tidak dapat di konsumsi karena sarangnya hanya tercipta dari serat tanaman yang dia rangkai sendiri bukan dari air liurnya

Burung Walet Putih

Burung walet jenis ini memiliki sarang yang terbuat dari air liurnya yang dapat dikonsumsi serta berwarna putih. Ciri khas walet jenis ini memiliki bulu berwarna cokelat dengan bulu bagian bawah berwarna kelabu. Bulu ekor memiliki celah dan suaranya yang sangat nyaring. Ukurannya kecil yakni 12 cm. Mata berwarna cokelat dan paruh berwarna hitam. Makanannya yakni serangga yang berada disekitar pohon. Jenis walet ini seringkali menyambar air untuk berendam atau meminumnya dan langsung terbang lagi. Burung walet putih bertelur hingga dua biji.

Burung Walet Sarang Hitam

Burung walet jenis ini memiliki warna bulu cokelat dengan bulu ekor berwarna cokelat kelabu. Kaki tertutup bulu dan ukuran burung walet ini sepanjang 12 cm. Memiliki mata berwarna cokelat dengan paruh berwarna hitam serta kaki hitam. Burung walet jenis ini bersarang pada gua dengan sarang berwarna gelap. Mereka bertelur sebanyak satu biji.

Burung Walet Gunung

Jenis walet ini memiliki bulu berwarna hitam dengan ekor berwarna abu-abu gelap serta ekor memiliki celah. Kaki terdapat bulu-bulu ringan. Bersuara nyaring dan ukurannya sedang, yakni 14 cm. Terbang berkelompok dengan koloninya dan mencari tempat untuk bersarang didekat tebing dikaki gunung. Makanannya berupa serangga yang dapat disambar sembari terbang.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com