Seperti Ini Aturan Ekspor Sarang Burung Walet Berserta Tujuan Negara

Sarang walet menjadi komoditas penting dan utama di Negara Tiongkok. Berbagai upaya pemerintah tiongkok dalam memenuhi pasar sarang walet di Negaranya. Salah satu upaya pemerintah tiongkok yakni mengimpor bahan baku (Raw material) atau bahan bersih (Clean Material) sarang walet. salah satu Negara yang diberikan lampu hijau untuk impor langsung kepada Tiongkok yakni Indonesia.

Sejak tahun 2015, Indonesia telah mampu ekspor langsung ke Negara Tiongkok tanpa transit melalui berbagai Negara. Pemerintah Indonesia melalui Badan Karantina Pertanian berkerjasama dengan Balai Karantina Tiongkok untuk merumuskan hingga menandatangai persyaratan agar sarang walet Indonesia dapat tembus ke Tiongkok tanpa melalui perantara. Tiga persyaratan utama yang wajib dipenuhi pemerintah Indonesia, eksportir sarang walet, hingga petani walet yakni :

Sarang walet harus bersih dari kandungan nitrit hingga dibawah 30ppm dengan pemanasan 70 derajat celcius selama 3,5 detik
Rumah Burung Walet sebagai sumber utama bahan baku sarang walet telah teregistrasi.

Pemerintah Indonesia menyiapkan laboratorium untuk screening (Pengecekan terakhir) yang ditempatkan di Surabaya, Medan, dan Tangerang (Soekarno Hatta Airport). Persyaratan tersebut harus dipenuhi oleh pemerintah Indonesia, eksportir sarang walet, dan petani walet karena pemerintah Tiongkok memastikan keamanan pangan hingga kenegaranya. Betapa ketatnya ekspor kenegara Tiongkok dapat dilihat dari sarang burung walet dari Rumah Burung Walet sampai ke bandara harus terdapat Barcode yang berisikan 40 Informasi untuk diketahui oleh pemerintah Tiongkok untuk memastikan keamanan dan ketelusurannya.

Kuantitas ekspor sarang walet Indonesia keberbagai negara mengalami tren kenaikan setiap tahun. Pada tahun 2019 ekspor sarang walet mencapai 1.131 ton, sedangkan pada tahun 2020 menjadi 1.155 ton dan telah menguasai pasar sarang walet Tiongkok dengan 70%. Sarang walet Indonesia telah diekspor ke berbagai Negara yaitu Tiongkok, Hongkong, Vietnam, Singapura, Amerika Serikat, Kanda, Thailand, Australia, Malaysia, Jepang, Laos, dan Korea selatan. Pangsa terbesar ekspor sarang burung walet Indonesia ke Negara Tiongkok.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com