Rahasia Rumah Burung Walet yang Prospektif & Produktif

Sarang burung walet memang dikenal sebagai peluang bisnis yang menjanjikan pasalnya sarang burung walet tidak hanya diminati dan diinginkan pasar dalam negeri saja, namun juga diminati oleh pasar internasional, terutama RRC. Sarang burung walet dihasilkan dari air liur burung walet yang mengeras dengan kandungan nutrisi yang beragam dan baik untuk kesehatan tubuh, maka tidak heran jika sarang burung walet banyak digemari dan dijual dengan harga yang relatif mahal.

Nilai jual dari sarang burung walet ditentukan dari kualitas dari sarang burung walet itu sendiri dan saat ini sarang burung walet putih original atau mangkok menjadi sarang burung walet dengan nilai jual tinggi karena kualitas yang dimilikinya. Untuk mendapatkan kualitas sarang burung walet yang bagus, maka tugas kita sebagai pelaku usaha budidaya sarang burung walet adalah membuat burung walet tersebut nyaman dan betah untuk tinggal dan bekembang biak di rumah burung walet yang sudah disediakan.

Tips Membuat Burung Walet Betah dan Nyaman

Berikut ini akan kami bagian beberapa tips untuk membuat burung walet betah dan nyaman untuk datang dan tinggal di rumah burung walet yang sudah disediakan, mari kita simak bersama! Bangun Rumah Burung Walet Mirip Habitat Asli Jika berbicara tentang desain rumah burung walet, maka anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan desain dengan kelebihannya masing – masing.

Namun, dalam memilih dan menentukan desain terbaik yang cocok untuk burung walet adalah desain rumah burung walet yang sesuai dengan habitat aslinya, yaitu goa dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Selain itu, hal penting yang juga berpengaruh dalam membuat burung walet betah untuk tinggal adalah lokasi rumah burung walet yang jauh dari keramaian dan kebisingan, sehingga burung walet akan merasa nyaman untuk tinggal dan bisa berkembang biak kemudian menghasilkan sarang yang berkualitas pula.

Bentuk & Ukuran Rumah Burung Walet

Perlu untuk diketahui bahwa mayoritas burung walet menyukai terbang secara bebas tanpa banyak penghalang yang bisa menghadang atau merintangi burung walet untuk melintasi ruangan. Oleh karena itu, bentuk dan ukuran dari burung walet ini harus benar – benar diperhatikan, sebagai contoh untuk ukuran minimal rumah burung walet yaitu 4 meter dan juga untuk bentuknya pada bagian tengah bangunan harus dibiarkan luas. Hal tersebut tidak hanya memudahkan burung walet untuk terbang dengan bebas namun juga bisa memudahkan proses perkawinan antara burung walet jantan dan juga burung walet betina.

Dinding Dalam Rumah Burung Walet

Dalam membuat dinding rumah burung walet, terdapat 3 bahan yang bisa dipilih beberapa diantaranya yaitu bata merah, batako, serta hebel. Dari beberapa pilihan bahan tersebut, menggunakan bata merah sebagai bahan dinding adalah pilihan yang patut untuk dicoba karena bisa membuat rumah menjadi tetap sejuk dan lembab.

Papan Sirip

Papan sirip pada rumah burung walet bisa menggunakan kayu dan cukup tambahkan sekat sebagai tempat yang potensial bagi walet untuk merangkai sarangnya. Selanjutnya jumlah papan sirip juga harus diperhatikan karena jika terlalu banyak bisa menyebabkan suhu ruangan menjadi terlalu panas.

Pembuatan Kolam Dalam Rumah Burung Walet

Dalam rumah burung walet, kehadiran kolam adalah suatu elemen penting yang harus diperhatikan karena dengan adanya kolam ini, rumah burung walet akan terasa lebih dingin serta lembab sehingga burung walet akan merasa sedang berada di dalam goa atau habitat aslinya. Itu tadi adalah beberapa tips dalam menjadikan burung walet untuk tetap tinggal dan betah dalam rumah burung walet yang disediakan. Apabila burung walet merasakan nyaman dan betah untuk tinggal, maka burung walet akan berkembang biak dan bisa menghasilkan sarang burung yang berkualitas pula.