Pentingnya Sarang Walet Imitasi Dalam Budidaya Sarang Burung Walet

Dalam budidaya sarang walet, pada dasarnya sarang walet imitasi ini berfungsi sebagai pembantu burung walet untuk membuat sarangnya sendiri. Ketika burung walet tersebut sudah bertelur, srang walet tersebut bisa diganti dengan sarang walet imitasi sebagai sarang pengganti. Penggantian sarang asli setelah dipanen dengan sarang imitasi ini cukup bersiko karena bisa berdampak pada burung walet yang menjadi stress dan peluang keinginan burung walet mengeram di sarang imitasi tersebut diperkirakan hanya 50%. Namun hal tersebut masih bisa diatasi dengan sarang imitasi yang telah ada piyik atau anak burung walet yang baru menetas sebab sang induk akan mudah mengenali suaranya, dibandingkan dengan kondisi sarang imitasi dengan telurnya saja.

Selain itu, penggunaan sarang walet imitasi juga bisa digunakan sebagai pemancing karena dengan pemasangan sarang walet imitasi bisa memberikan kesan pada burung walet bahwa rumah burung walet yang sudah disiapkan tersebut telah dihinggapi atau didatangi burung walet sebelumnya. Hal tersebut menjadikan populasi burung walet yang baru datang tidak merasa takut untuk menetap dan merasa nyaman untuk tinggal. Ada baiknya jika sarang walet imitasi ini dikombinasikan dengan suara panggil atau suara inap sehingga burung walet tersebut benar – benar merasa berada di habitatnya dan telah ditinggali oleh burung walet yang lain.

Jangka Waktu Penggunaan Sarang Walet Imitasi

Sampai kapan kah sarang walet imitasi tersebut digunakan dan dipasang dalam rumah burung walet? Untuk pemasangan sarang walet tiruan di awal tahun sangat diperlukan guna memancing kedatangan burung walet pada rumah burung walet yang sudah disiapkan. Burung walet yang tinggal tersebut akan berkembang biak walaupun dengan menggunakan sarang walet imitasi. Dengan bantuan sarang walet imitasi yang ada, memberikan kemungkinan besar untuk burung walet berkembang biak lebih banyak dari biasanya atau bisa disebut bahwa sarang walet imitasi berfungsi untuk melipat gandakan jumlah populasi burung walet di tahun pertama budidaya walet dimulai.

Pada tahun berikutnya, sarang walet imitasi bisa dilepas secara perlahan dan bertahap dan hal tersebut tidak menjadikan burung walet yang semula menggunakan sarang walet imitasi akan pergi atau kabur begitu saja karena burung walet tersebut akan tetap memilih posisi semula dan bisa juga pindah di posisi lain untuk mebangun sarang baru dengan liurnya. Pemasangan sarang walet imitasi sebaiknya diletakkan dekat dengan posisi twiter, hal tersebut dikarenakan biasanya burung walet cenderung akan hinggap dan bersarang di twiter. Apabila dekat twiter dipasang atau diletakkan sarang walet imitasi maka besar kemungkinan burung walet tersebut akan menempati sarang imitasi tersebut.

Sarang Walet Imitasi yang Baik Untuk Digunakan

Ada beberapa varian bahan sarang walet imitasi yang bisa digunakan, beberapa diantaranya yaitu terbuat dari kertas dan juga plastik. Kedua varian bahan untuk sarang walet imitasi tersebut masing – masing memiliki kelebihan, untuk sarang walet imitasi dari kertas lebih empuk sehingga memudahkan walet dalam mencengkeramkan kukunya, namun bahan kertas tentu tidak akan bertahan lama dalam kondisi lembab atau terhadap air karena mudah rusak. Sementara sarang walet imitasi dari plastik dinilai lebih mampu bertahan di tempat yang lembab dan juga bisa digunakan secara berulang.

Kisaran Hasil Usaha Sarang Walet Imitasi

Sarang walet imitasi dalam bisnis budidaya burung walet memang menjadi salah satu elemen yang dibutuhkan terutama jika baru memulai bisnisnya. Melihat dari pentingnya keberadaan sarang walet imitasi dalam bisnis budidaya sarang walet, maka penyediaan atau usaha sarang walet imitasi juga menguntungkan.