Penting & Krusial, Beginilah Cara Mengatur Suhu & Kelembaban Rumah Burung Walet

Suhu dan tingkat kelembaban udara yang tepat dalam suatu ruangan pada rumah burung walet adalah hal penting, krusial, serta menjadi salah satu kunci supaya burung walet dapat tinggal dan menetap dalam waktu yang lama. Bukan hanya itu saja, suhu yang tepat juga dapat meningkatkan populasi burung walet secara maksimal, maka dengan begitu produktivitas budidaya sarang burung walet milik anda bisa meningkat pesat. Lantas berapakah suhu yang ideal dan pas untuk rumah burung walet tersebut?

Menurut para pakar budidaya burung walet, suhu ideal bagi rumah burung walet berkisar pada 27 derajat celcius hingga 29 derajat celcius, di mana pada suhu tersebut burung walet bisa merasa nyaman dan merasa sedang berada di habitat aslinya. Untuk mengecek tingkat kelembaban pada suatu ruangan rumah burung walet tersebut dapat menggunakan alat yaitu hygrothermometer. Alat tersebut bisa ditempatkan pada bagian yang paling mdah terpengaruh oleh kondisi udara di luar gedung yaitu tepat di bagian paling dekat dengan LMB atau Lubang Masuk Burung.

Cara Mengatur Suhu dan Kelembaban Ideal

Ada beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk mencarapai suatu kondisi suhu serta kelembaban yang ideal pada rumah burung walet, diantaranya yaitu :

Membuat Saluran atau Genangan Air

Fungsi dari dibuatnya saluran air yaitu supaya air dari saluran dan kolam akan menguap untuk memenuhi target kelembaban udara dalam rumah burung walet. Pembuatan genangan air bisa dilakukan dengan cara membuat kolam permanen menggunakan semen, atau juga bisa membuat kolam dengan baik air. Untuk mencapai proses penguapan yang terbaik dan mirip dengan suasana pada habitat asli burung walet, bisa ditambahkan pasir maupun batu – batu kali dalam genangan air tersebut.

Pemasangan Ventilasi

Untuk rumah burung walet yang berada di daerah dengan iklim panas, suhu rata – rata biasanya berkisar antara 30 derajat celcius hingga 32 derajat celcius. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemasangan atau pembuatan ventilasi udara bisa dilakukan, dan pembuatannya pun bisa dipasang dengan berbagai macam metode.
Sesuaikan dengan desain dan bentuk dari rumah burung walet anda untuk menentukan ventilasi yang tepat.

Penebalan Lapisan Dinding atau Tembok Rumah Burung Walet

Cara berikutnya yang dinilai ampuh untuk menurunkan suhu yaitu dengan menebalkan lapisan dinding atau tembok rumah burung walet. Dengan cara ini, suhu panas yang dipancarkan dari sinar matahari dapat diminimalisir secara baik sehingga suhu bisa menurun dengan stabil.

Membuat Hujan Buatan

Membuat hujan buatan juga tergolong menjadi cara yang ampuh untuk digunakan terutama jika sedang berada di musim kemarau di mana sinar matahari sedang terik – teriknya. Hujan buatan bisa dibuat dengan memanfaatkan sprayer yang diletakkan di bagian atap gedung burung walet.

Pasang Sekam atau Busa di Bagian Plafon

Penggunaan sekam ini dimaksudkan untuk meredam suhu, kelembaban, serta suara yang berasal dari luar supaya tidak mempengaruhi kondisi di dalam gedung. Penggunaan sekam ini juga dapat menjadikan suhu, kelembaban, dan kondisi dalam ruangan rumah burung walet menjadi lebih stabil.

Cat Dinding Bagian Luar

Jika suhu di wilayah tempat rumah burung walet tersebut sudah berada di suhu yang ideal, maka pengecatan tembok ini tidak terlalu diperlukan. Lain halnya jika rumah burung walet berada di wilayah dengan suhu yang relatif panas, maka pengecatan tembok bagian luar sangat dianjurkan dan gunakan cat tembok dengan warna cerah agar bisa meredam panas matahari.