Pakan Walet yang Tepat dan Disukai Burung Walet

Pada dasarnya kedatangan burung walet pada rumah burung walet yang sudah disiapkan juga dipengaruhi oleh berbagai macam elemen, salah satunya adalah makanan atau pakan walet yang memadai dan berkualitas. Ketika koloni burung walet sudah mulai berdatangan dan menginap atau menetap karena suara panggil walet yang digunakan cukup efektif, hal selanjutnya yang harus disiapkan dan diperhatikan adalah makanan atau pakan burung walet yang cukup. Kualitas dari makanan walet tersebut juga berdampak langsung pada hasil produktivitas dari sarang walet yang dihasilkan.

Dari beberapa macam pakan walet yang ada, salah satu yang digemari oleh burung walet ialah serangga terbang atau drosophila atau juga biasa disebut sebagai lalat cuka. Pada dasarnya serangga jenis lalat cuka ini bukan termasuk dalam hama yang menganggu lingkungan tempat budidaya burung walet, melainkan hanya jenis serangga pemakan buah yang sudah mendekati masa busuk atau buah yang sudah terbuka pada bagian isinya. Bukan hanya memastikan burung walet yang ada di rumah burung walet menjadi kenyang, namun sebagai pembudidaya atau petani burung walet harus memenuhi keperluan akan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang bisa menjadikan burung walet tersebut lebih produktif. Dengan begitu simbiosis mutualisme bisa terjalin yaitu keuntungan yang akan didapatkan di masa mendatang jadi lebih baik sesuai dengan harapan.

Apabila musim kemarau telah tiba, tentu makanan tambahan sangat dibutuhkan, karena persediaan makanan alami burung walet kian terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya harus menyiapkan dan menyediakan makanan tambahan sehingga produktivitas dari burung walet tetap terjaga dan kualitas hasil panen bisa meningkat.

Cara Membuat Makanan Burung Walet

Terdapat dua cara atau dua tempat peletakan pakan burung walet yang bisa dicoba, yang pertama yaitu meletakkan pakan burung walet di dalam gedung atau rumah burung walet, dan yang kedua yaitu diletakkan pada luar gedung. Untuk menyiapkan pakan walet dalam gedung, Anda bisa memulai dengan menebarkan jerami pada lantai rumah burung walet, selanjutnya siram sedikit air pada jerami tersebut, dan biarkan hingga jerami tersebut mengalami pembusukan dan mulai dihinggapi oleh hama yang bisa menjadi pakan burung walet. Cara lainnya yang bisa dicoba yaitu menebaran pecahan beras atau menir yang sudah diperciki air, maka setelah beberapa bulan akan tumbuh kutu – kutu dari pecahan beras tersebut.

Untuk menyediakan pakan walet pada luar gedung atau rumah burung walet, Anda bisa mulai menanam pohon penghasil serangga lalat cuka, atau bisa juga menimbun sampah organik, dan kotoran ternak. Selain itu, bisa juga menydiakan kolam yang tidak jauh dari lokasi rumah burung walet dengan air kolam yang didapatkan dari air sungai guna menghasilkan jentik larva yang bisa dikonsumsi oleh burung walet tersebut.

Pakan Walet Terbaik Menghasilkan Sarang Walet Berkualitas

Pada dasarnya burung walet memiliki jam makan yang sangat unik dan tersusun rapi dan ketersediaan pakan burung walet yang melimpah serta berkualitas baik di dalam gedung maupun di area luar gedung menjadikan burung walet tersebut nyaman berada di rumah burung walet yang sudah disediakan. Ketika burung walet tersebut merasa nyaman maka besar kemungkinan burung walet tersebut akan tinggal dan berkembang biak dalam rumah burung walet yang disediakan, dengan begitu produktivitas dari sarang burung walet akan meningkat dan juga bisa menghasilkan sarang walet berkualitas.