Mengenal Sejarah Sarang Burung Walet

Burung walet adalah burung yang bewarna gelap pemakan serangga yang memiliki tubuh sedang atau kecil. Memiliki sayap yang runcing dan sempit, paruh dan kakinya juga yang sangat kecil dan merupakan jenis burung yang jarang hinggap di pohon. Burung walet merupakan burung penghuni goa yang banyak ditemukan di Indonesia, menggunakan langit – langit untuk membuat sarangnya sebagai tempt berkembang biak. Berjenis kelamin jantan dan betina yang bentuk tubuhnya berkisaran 10 sampai 16 cm, warna bulu burung walet berwarna kehitaman dan kurang menarik,.

Spesies burung walet dibedakan berdasarkan bentuk tubuh, bulu, warna, dan bahan untuk membuat sarangnya. Namun saat ini kelestarian burung walet di goa – goa semakin terancam, pemburu sarang – sarang burung walet di goa yang membuatnya tidak aman membuat burung walet yang menghuni di goa semakin berkurang. Hal itu membuat pelestarian sarang burung walet dari goa pun semakin berkurang, bahkan goa yang terkenal banyak burung waletnya sekarang ditinggalkan tanpat seekorpun didalamnya. Oleh karena itu, sekarang banyak sekali orang membudidayakannya dengan cara membuatkan sarang atau rumah burung walet yang lebih terjaga dana man untuk burung walet.

Dengan keuntungan dan manfaat yang di dapat dari sarang burung walet ini sangat menjanjikan, orang jadi sangat berminat untuk membudidayakan burung walet dengan cara tersebut. Burung walet sendiri pada umumnya memiliki ciri – ciri meliputi sayap yang runcing, ekor yang panjang dan tubuhnya yang berwarna hitama tau gelap, tetapi sebenarnya burung walet mempunyai beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki ciri khasnya yang berbeda – beda.

Karakteristik & Jenis Burung Walet

Karakteristik dan jenis burung walet bisa dibedakan berdasarkan suara, ukuran tubuh, warna bulu, dan kelakuannya saat membuat sarang. Dan berikut ini beberapa jenis burung walet beserta ciri khasnya masing – masing, antara lain :

Burung Walet Besar

Ciri ciri untuk jenis ini adalah tubuhnya berwarna hitam, warna bulu bagian bawahnya yang berwarna coklat gelap dan panjang tubuhnya kurang lebih 16 cm yang ukuran ini lebih besar dibandingkan dengan burung walet lainnya. Burung walet besar memiliki suara yang keras dan berderik, dengan tubuh yang lebih besar dari burung walet yang lainnya, jenis burung walet ini bisa terbang lebih cepat dan tinggi. Namun yang membuatnya berbeda dengan burung walet lainnya yaitu, sarang burung walet besar ini tidak bisa dikonsumsi berbeda dengan sarang burung walet lainnya yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Burung walet Putih

Memiliki ekor sedikit bercelah, suaranya melengking tinggi dan termasuk burung walet yang berukuran sedang sekitar 12 cm. Warna burungnya coklat kehitam – hitaman, sedangkan untuk bulu bagian bawahnya berwarna abu – abu atau coklat. Dan ciri khas burung walet ini ialah menghasilkan sarang yang berwarna putih yang terbuat dari air liur dari burung walet tersebut, serta harga untuk sarang walet putih ini sangat mahal.

Burung Walet Sarang Hitam

Berbeda dengan walet putih, warna bulu walet ini coklat kehitam hitaman, bulu ekornya yang bercelah sedikit dan berwarna coklat kelabu serta termasuk dalam burung walet yang berukuran sedang yang besarnya sekitar 12 cm. Burung walet ini memiliki ciri khas unik yaitu kaki dan paruhnya berwarna hitam, serta sarangnya yang berbentuk seperti mangkok yang tercipta dari campuran lumut, serat, dan akar tumbuhan.

Khasiat Sarang Burung Walet

Burung walet ini akan menghasilkan sarang yang terbuat dari air liurnya, yang sarang walet tersebut jika dijual mempunyai harga yang sangat tinggi. Selain itu, manfaat lain dari sarang burung walet ini adalah untuk kesehatan tubuh manusia, karena sarang walet ini bisa berguna untuk menyembuhkan panas dalam, paru – paru, melancarkan peredaran darah, dan sarang walet ini juga sangat bagus untuk kesehatan kulit karena adanya kolagen yang tergantung didalamnya.