Melihat Lebih Dekat Sarang Burung Walet Goa, Harga Serta Manfaatnya

Sarang merupakan sebuah komoditas pangan yang sangat diminati sebagai oleh masyarakat Asia. Masyarakat Asia memiliki keyakinan jika sarang wallet memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Kebanyakan konsumsi sarang wallet digemari oleh masyarakat Tiongkok. Pada dewasa ini berbisnis sarang wallet merupakan bisnis yang sangat prospektif karena terdapat tren kenaikan harga dan kuantitas ekspor setiap tahun. Pada tahun 2020 ekspor sarang wallet Indonesia ke berbagai Negara mencapai 1.155 ton dengan ekspor terbanyak ke Negara Tiongkok.

Harga sarang wallet mencapai 20juta perkilogram. Kelangkaan sarang wallet membuat harga sarang wallet selangit. Sarang wallet adalah sarang yang terbuat dari air liur burung wallet. Sarang wallet diperoleh dengan cara budidaya pada rumah burung wallet maupun didapat dengan mendapatkan langsung di alam liar seperti didalam gua. Untuk mendapatkan sarang wallet yang dipanen pada gua alam alami harus menggunakan perjuangan ekstra. Berikut salah satu kisah perjuangan masyarakat dalam mendapatkan sarang wallet gua alami dikutip dari detik.com

Persiapan memanen, pengunduh menyiapkan tangga yang terbuat dari bambu yang akan dipakai untuk mengambil sarang wallet. Pada dinding tebing yang memiliki kemiringan hingga 180 derajat pengunduh sarang wallet memasang tali-tali tanpa alat keselamatan dan beresiko terjatuh ke laut atau terbentur karang dan terbawa ombak. Para pengunduh sarang wallet selanjutnya bergantian membawa tangga yang telah disiapkan tadi dengan melewati tali yang telah terpasang pada dinding tebing. Para pemetik juga harus menyebrangi lubang-lubang besar yang mengarah pada laut dan karang.

Para pengunduh menyusun beberapa tangga dengan ketinggian tertentu karena ketinggian gua berbeda-beda. Semakin tinggi sarang wallet yang akan diambil semakin banyak pula tangga yang disusun. Dibantu dengan penerangan senter, pengunduh berusaha mengambil sarang wallet yang menempel pada dinding maupun langit-langit gua. Proses ini memakan waktu yang lama mulai dari persiapan, membuka jalan, dan mengambil sarang wallet. Proses persiapan yang sangat panjang dan resiko kecelakaan yang sangat tinggi menjadikan harga sarang wallet sangat mahal. Disamping proses yang sulit serta resiko yang tinggi, komoditas sarang wallet memiliki jumlah permintaan daripada ketersediaan.

Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikkan

Sarang wallet gua memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai pemenuhan nutrisi, sarang wallet juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Berikut manfaat sarang burung wallet untuk kesehatan dan kecantikan.

Asam Amino

Asam ini tidak dapat diproduksi dalam tubuh yang mana harus didapatkan dari makanan. Asama amino sangat berguna untuk regenerasi sel agar mempercepat pemulihan saat sakit.

Mineral

Sarang wallet mengandung mineral yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Dapat menjaga kesehatan tulang dan tumbuh kembang tulang. Membantu menyembuhkan luka dan membantu tubuh menyerap nutrisi pada usus.

Mencegah Diabetes

Sarang wallet rupanya dapat mencegah diabetes karena sarang wallet dapat mencegah resistensi insulin yang merupakan factor terbesar timbulnya dari penyakit diabetes

Mencegah Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis berasal dari radikal bebas. Sarang wallet mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang dapat menangkal dan melawan efek radikal bebas.

Mengatasi Pembekuan Darah

Penelitian dari drug design development and therapy tahun 2016 menerangkan jika sarang burung wallet bisa menciptakan daya tahan tubuh tambahan selama kemoterapi. Pada saat konsumsi rutin sarang wallet hingga 30 hari, seseorang akan mendapatkan kekebalan imun tambahan dalam usus yang melemah akibat kemoterapi.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com