Kupas Tuntas Sarang Walet, Jenis, dan Variasi Harganya

Sarang burung walet adalah sarang yang terbuat dari air liur burung walet yang sudah padat, sarang walet ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, sudah banyak orang yang mengkonsumsi sarang burung walet ini untuk kesehatan tubuhnya. Teksturnya yang sedikit kenyal dan lembut, sarang burung walet bisa diolah menjadi beberapa bahan makanan dan minuman.

Dengan memiliki kandungan kolagen alami, mengkonsumsi sarang walet dapat meremajakan kulit dan menjaga kesahatan tubuh. Ada juga beberapa manfaat sarang walet lainnya untuk kesehatan tubuh, antara lain :

  • Mendukung funsi organ tubuh.
  • Menjaga resistensi insulin.
  • Sumber asam amino esensial.
  • Meredakan peradangan.
  • Menurunkan resiko kanker.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh selama kemoterapi.

Itulah beberapa manfaat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh, namun demi menjaga keamaan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menkonsumsi sarang burung walet ini.

Variasi Jenis Sarang Burung Walet

Ada berbagai jenis sarang burung walet yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, namun hanya beberapa orang yang hanya mengetahui bahwa sarang walet cuman hanya ada yang berwarna putih saja. Memang pada umumnya sarang burung walet yang memiliki harga lumayan menguras kantong adalah sarang walet yang berwarna putih, tetapi warna putih itu pun asli dari air liur burung walet. Berikut beberapa jenis sarang burung walet dan ciri khasnya masing – masing, diantaranya adalah :

Sarang Walet Putih Original

Pada umumnya keaslian sarang burung walet terlihat dai perlakuannya terhadap sarang walet tersebut, dimana jika semakin jarang disentuh maka maka kualitasnya sangat tinggi yang membuat harganya juga semakin mahal.
Penjual biasanya mencabuti bulu ringan yang terdapat pada sarang burung walet ini dan untuk menghilangkan kuman – kumannya penjual menggunakan cara steam atau penguapan.

Sarang Walet Patahan

Karena bentuknya yang tidak sempurna dan berbeda dengan sarang walet lainnya itulah kenapa sarang walet ini bernama sarang walet patahan. Hal tersebut terjadi karena mungkin dibuat dari sisa sarang yang sudah jatuh yang membuat bentuknya menjadi tidak utuh dan juga akibat dari alat untuk memanen sarang walet ini yang tidak teratur.

Sarang Walet Strip

Sarang burung walet jenis strip ini memiliki bentuk yang tidak beraturan, meskipun sekilas mirip seperti mangkok atau sarang walet putih namun dengan bentuknya yang tidak beraturan membuatnya lebih mirip dengan sarang walet patahan. Biasanya juga sarang walet strip ini menjadi bahan campuran untuk pembuatan sup walet.

Sarang Walet Merah

Sarang walet ini berwarna merah seperti namanya bukan terjadi akibat penyakit atau perkelahian, namun warna merah ini terjadi dari air liur burung walet yang bercampur darah saat burung walet mengeluarkan telurnya.

Sarang Walet Segitiga atau Sudut

Sarang walet jenis ini bisa didapatkan pada sudut – sudut ruangan atau sarang walet, dimana bentuknya yang runcing mirip dengan bentuk segitiga.

Harga Sarang Burung Walet

Harga sarang burung walet pastinya sangat bervariasi karena memiliki berbagai jenis masing – masing. Dimulai dari sarang walet putih (mangkok) yang harganya sangat mahal untuk per kilogramnya bisa mencapai harga hingga puluhan juta rupiah, untuk sarang walet patahan dan sudut harga per 100 gramnya mulai dari 1,7 – 2 juta rupiah. Sedangkan untuk sarang walet merah harganya bisa sangat mahal hampir sama dengan sarang walet putih original, karena sarang walet merah sangat susah ditemukan atau sangat langka.