Kiat Sukses Berbisnis Sarang Burung Walet

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa bisnis sarang walet untuk saat ini sedang berkembang pesat, karena memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan. Harga yang dimiliki sarang burung walet bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, itulah sebabnya banyak pengusaha bahkan peternak banyak yang membudidayakan sarang burung walet demi keuntungan yang sangat menjanjikan tersebut.

Namun untuk mendapatkan sarang burung walet berkualitas tinggi yang membuat harganya sangat tinggi, Anda harus memperhatikan berbagai aspek mulai dari pembangunan rumah untuk burung walet tersebut hingga pemeliharaannya. Jika segala aspek tersebut Anda bisa menanganinya dengan sangat baik, maka bisa dipastikan bahwa sarang yang dihasilkan dari burung walet akan sangat baik dan berkualitas.
Dengan begitu, Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi dan bisa menguntungkan untuk Anda.

Pemilihan Lokasi yang Strategis & Prospektif

Lokasi untuk mendirikan gedung atau rumah walet yang tepat adalah berada pada jalur burung walet berterbangan secara bebas atau terdapat beberapa populasi walet di daerah tersebut. Ada beberapa faktor penunjang agar lokasi untuk mendirikan rumah walet yang tepat, antara lain :

  • Lokasi yang sangat tepat untuk membudidayakan walet adalah berada di daerah populasi atau jalur terbang burung walet, karena meskipun gedung atau rumah di bangun sebagus semegah apapun jika lokasi tersebut tidak berada di area terbang walet maka hasilnya akan nihil
  • Lahan pertanian yang subur dengan sistem irigasi yang baik, secara tidak langsung rumah tersebut akan menyediakan pakan alami untuk burung walet.
  • Daerah bebas polusi, daerah yang tenang dan tidak bising, hal tersebut bisa menganggu ketenangan pada burung walet tersebut.
  • Berada di dataran rendah, idealnya berada pada ketinggan 600 meter di atas permukaan laut.
  • Daerah yang tidak berkeliaran para hewan predator burung walet, seeprti burung elang atau musang.

Dan bisa dikatakan lokasi yang sangat strategis untuk membangun sarang burung walet berada di lahan pertanian, karena pasti jauh dari kebisingan, bebas dari polusi udara, dan dapat menghasilkan pakan alami untuk burung walet tersebut.

Membangun Rumah Burung Walet yang Tepat

Ada beberapa syarat agar rumah walet menghasilkan sarang burung walet yang optimal dan berkualitas tinggi, dan untuk membantu mempercepat perkembangan populasi burung walet. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

Temperature Dalam Rumah Walet

Temperature yang sangat tepat dalam rumah walet adalah 27-28 derajat celcius, agar burung walet tetap hangat dan nyaman berada di dalam rumah walet tersebut.

Kelembaban dalam rumah walet

Untuk kelembaban dalam rumah walet adalah sekitar 80 – 90%, jika kelembaban kurang dari 80% maka gunakan bak berisi air atau basahi seluruh dinding pada ruangan walet.

Sistem pemasangan sirip

Sirip atau sekat adalah sarana yang paling penting untuk penambah produksi sarang burung walet, dan pemasangan sirip harus dilakukan dengan sangat benar dan rapi.

Memahami Sifat dan Karakteristik Burung Walet

Ada beberapa sarana pendukung untuk membantu meningkatkan produksi sarang burung walet, diantaranya adalah :

  • Menggunakan SWO-2 – Merupakan sirip yang diberi bau perangsang yang hal ini sangat disukai oleh burung walet, sirip SWO-2 ini berfungsi juga sebagai pemecah koloni dan bisa menghalang sinar matahari. Dengan SWO-2 juga bisa membuat burung walet untuk lebih mudah menempatkan sarangnya dengan cara bisa membuat hujan kabut buatan dan juga terbebas dari hama.
  • PW-Cair bisa membantu menghilangkan bau yang tidak sukai oleh burung walet, karena bau yang tidak disukai burung walet bisa membuat burung walet tidak betah dan akan meninggalkan rumah tersebut.