Inilah, Manfaat Budidaya Burung Walet Yang Menarik Bagi Pemula

Sarang burung walet adalah merupakan hasil dari air liur burung walet yang telah mengeras dan membentuk sebuah sarang. Burung Walet sendiri biasanya dapat ditemukan di daerah gunung, hutan, gua dan sekitar pantai. Burung Walet sendiri merupakan salah satu jenis burung liar, yang mana mereka mencari makanannya pada habitat asli mereka dengan kata lain bergantung pada alam untuk mencari makananya.

Namun, untuk saat ini di daerah seperti Jawa, Kalimantan, Sumatera jumlah burung walet makin banyak dan terus berkembang biak. Hal tersebut pun, dibuktikan oleh mulai adanya muncul eksistensi budidaya burung walet di kalangan masyarakat Indonesia.

Tahukah Kamu? Meski burung walet dicap sebagai burung liar. Namun, ternyata burung walet juga dapat dibudidayakan loh, sahabat walet. Saat ini, teknik untuk melakukan ternak atau budidaya burung walet telah ada dan semakin berkembang. Salah satunya yakni cara budidaya ternak burung walet rumahan. Cara atau teknik tersebut sangat mudah untuk dipraktekkan. Hanya dengan mengundang burung walet lewat suara dan membiarkannya menetap di atap rumah, atau di bangunan kosong, hal itu sudah termasuk dalam melakukan salah satu cara budidaya ternak burung walet yang sederhana.

Namun, perlu untuk diingat bahwa sebenarnya cara atau teknik budidaya burung walet memiliki prinsip yang sama pada setiap lokasinya. Dan untuk hasil budidaya dari sarang burung walet rumahan memiliki perbandingan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan sarang burung walet dari alam. Hal tersebut, dikarenakan kualitas yang dimiliki lebih bagus, seperti warna sarang burung walet rumahan yang lebih putih dan bersih, dibandingkan dengan sarang burung walet alam yang lebih kekuningan dan ada juga yang bercampur dengan bulu-bulu mereka yang menyebabkan menjadi berwarna hitam.

Bisnis Budidaya Sarang Burung Walet Yang Mulai Menjamur

Siapa yang tak mengenal burung walet?. Burung yang memiliki nama latin Collocalia Vestita ini, memiliki ciri tubuh yang berwarna gelap, berekor panjang, serta memiliki sayap yang runcing. Dan banyak orang, yang mulai mencari burung walet untuk dijadikan sebuah aset secara tidak langsung. Namun, yang banyak orang cari ialah sarangnya yang dihasilkan dari air liur burung walet, karena kaya akan manfaat kandungannya.

Sarang burung walet saat ini sangat banyak diminati oleh masyarakat, mulai dari sarang burung walet yang belum diolah hingga yang sudah dalam bentuk olahan. Sehingga bisnis budidaya walet ini dinilai sangat menguntungkan.

Dilansir dari bisnis.com, Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Walet Indonesia (PPSWI), menurut mereka terdapat beberapa daerah yang pengusahanya berhasil panen sarang burung walet dengan jumlah besar. Adapun daerah tersebut antara lain adalah :

Kalimantan
Sumatera
Sulawesi
Papua

Memang, sejak ditemukannya kandungan manfaat yang ada dalam sarang burung walet, bisnis ini telah menjadi primadona tersendiri bagi para pebisnis. Karena bisnis ini sangat memiliki peluang yang menjanjikan. Dan berikut beberapa manfaat atau kelebihan dari bisnis budidaya sarang burung walet.

Sebagai prospek bisnis yang bagus
Menjadi eksportir sarang burung walet di pasar internasional
Menjadi komoditas bisnis yang jarang terpengaruh oleh perubahan
Dapat melakukan market penetration atau merambah ke bisnis olahan sarang burung walet

Nah, itu tadi sahabat walet informasi terkait manfaat budidaya burung walet bagi pemula. Semoga, informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi para sahabat walet!
Apakah sahabat walet sudah bersiap untuk memulai usaha burung walet? Untuk membantu sahabat walet, kami Markas Walet siap membantu sahabat walet mewujudkan impian berbisnis burung walet hingga sukses.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com