Ingin Memulai Bisnis Sarang Walet, Yuk Ketahui Cara Membuat Gedung Walet

Budidaya sarang walet memiliki banyak keuntungan. Jika budidaya dilakukan dengan baik dan benar maka akan menghasilkan pundi-pundi uang. Sebagai pebisnis sarang burung walet pemula harus belajar banyak dari kesuksesan petani walet senior. Hal tersebut juga untuk menghindari kerugian saat panen. Rumah Burung Walet sama halnya dengan rumah manusia yang berfungsi sebagai tempat berlindung burung walet dari predator hingga sebagai tempat yang nyaman untuk berkembangbiak dan membesarkan anakannya.

Rumah burung walet yang ideal adalah gedung yang tinggi serta luas. Hal tersebut disukai oleh burung walet karena semakin besar rumah burung walet maka semakin nyaman untuk ditinggali. Koloni burung walet berpotensi semakin padat jika rumah burung walet sangat ideal untuk ditinggali dari segi ukuran. Banyak cara agar tidak mengalami kerugian dalam budidaya sarang burung walet. Salah satunya harus mengetahui tips-tips dalam membuat gedung walet sederhana.

Menentukan Lokasi yang tepat

Penentuan lokasi pembuatan rumah burung walet merupakan unsur yang sangat penting dalam mensukseskan budidaya serta mengurangi resiko kerugian. Lokasi yang tepat untuk membangun rumah burung walet yakni berada didaerah yang asri seperti hutan, pantai, maupun pegunungan. Hal tersebut sangat disukai burung walet karena berada didekat alam liar sebagai tempat mencari atau berburu makanannya. Jika terpaksa membangun rumah burung walet didaerah kota sebaiknya diluar pulau Jawa dan Madura. Kedua daerah tersebut terlalu banyak polusi sehingga dapat mengganggu burung walet dalam berkembangbiak. Daerah yang memiliki kadar polusi tinggi dapat menurunkan kualitas sarang burung walet.

Cat Permukaan Luar Rumah Burung Walet

rumah burung walet yang dibangun didaerah pantai atau daerah padang savanna hindari penggunaan cat permukaan luar dengan warna gelap. Karena dapat menyerap panas yang berlebih dalam rumah burung walet. jika didaerah dengan kondisi alam yang dingin seperti daerah pengunungan penggunaan cat berwarna gelap dapat disarankan untuk menyerap panas agar dapat mengatur suhu yang terlalu dingin dalam rumah burung walet.

Pengaturan Suhu & Kelembapan

Burung walet menyukai tempat seperti dalam gua, yakni kelembapan yang stabil serta tidak terlalu panas. Jika dalam rumah burung walet terlalu panas dapat mengeringkan sarang burung walet lebih cepat sehingga mudah patah saat dihinggapi burung walet. jika tempat terlalu lembap ataupun dingin dapat membuat warna sarang burung walet semakin pudar serta berpotensi tumbuhnya jamur pada sarang walet.

Lubang Masuk Burung

Dalam pembangunan rumah burung walet yang perlu diperhatikan adalah lubang masuk burung. Lubang masuk burung adalah lubang sebagai tempat keluar masuknya burung walet pada pagi maupun sore hari. Lubang masuk burung walet berjumlah satu sudah cukup.

Ventilasi Rumah Burung Walet

Ventilasi sangat dibutuhkan dalam rumah burung walet untuk mengatur suhu didalam agar suhu sama persis seperti diluar gedung. Jika rumah burung walet berada didaerah yang suhu cenderung panas maka ventilasi udara dibuat jarak 1 meter. Apabila rumah burung walet berada didaerah dingin maka ventilasi berikan jarak 2-3 meter.

Ukuran Gedung Ideal

Gedung rumah burung walet harusnya memiliki tingkatan sebanyak 2 lantai hingga 5 lantai. Setiap lantai memiliki ketinggian 2-2,5 meter. Beberapa petani walet membangun rumah burung walet tepat diatas rumah pribadinya untuk menghemat biaya lahan baru.

Material Sederhana Rumah Burung Walet

Pembangunan Rumah burung walet sederhana dapat menggunakan material sederhana untuk menekan biaya serta efektif dalam pengerjaannya. Pembangunan rumah burung walet dapat menggunakan kayu ulin sebagai tiang-tiang. Penggunaan seng dapat dijadikan sebagai dinding serta dilapisi alumunium foil untuk meredam panas dari luar. Atap menggunakan genteng tanah liat maupun atap daun ilalang yang dapat menahan panas dari luar.

Bisnis sarang burung walet saat ini sangat menggiurkan jika budidaya dilakukan dengan baik dan benar. Penerapan tips dan trik dari para pendahulu sukses diharapkan dapat diaplikasikan oleh petani pemula. Saat ini harga sarang burung walet mencapai harga 30juta perkilogram.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com