Ikuti Cara Mudah Membersihkan Sarang Walet

Manfaat dari sarang burung walet untuk sangat banyak karena mengandung banyak gizi dan juga vitamin yang tinggi. Sarang walet bisa menjadi sumber terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga mempercepat pemulihan penyakit. Selain dikonsumsi oleh orang dewasa sarang walet juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak sebagai suplemen perkembangan anak.

Langkah utama untuk mengkonsumsi sarang burung walet ini adalah dengan memasak sarang walet tersebut untuk berbagai macam olahan. Sebelum anda memutuskan untuk memasaknya maka anda harus membersihkan terlebih dahulu sarang walet agar terbebas dari berbagai macam kotoran dan juga bulu dari walet. Berikut ini cara membersihkan sarang walet yang baik dan benar.

Langkah untuk membersihkan sarang walet terdiri dari dua metode biasanya skala kecil hingga skala besar. Kalau kecil biasanya dilakukan untuk membersihkan secara manual namun untuk skala besar membersihkan menggunakan mesin otomatis dengan bantuan banyak orang atau pegawai.

Bahan Pembersiahan Sarang Walet Rumahan & Goa

Apabila sarang walet rumahan tidak terlalu kotor maka anda bisa menggunakan Super Nol. Jika sarang burung walet kotor dan juga sangat lengket dengan sarangnya maka anda bisa membersihkannya dengan super white. Kedua bahan tersebut merupakan bahan yang bisa membantu anda untuk membersihkan kotoran dan bulu yang melekat pada sarang walet dengan lebih mudah.

Untuk sarang walet gua jika sarang wajah selalu kotor maka anda bisa menggunakan cairan BNC. Namun jika sarang walet Goa tersebut sangat kotor maka anda bisa menggunakan cairan yang lebih kuat lagi seperti cairan PSG. Saat membersihkan sarang tersebut biasanya akan terjadi kontaminasi yang disebabkan oleh jamur maka dari itu ada baiknya jika Anda menggunakan hidrogen peroksida. Namun dalam penggunaan hidrogen peroksida Anda harus berhati-hati karena bahan ini sangat berbahaya dan tidak aman untuk kesehatan.

Alat yang diperlukan

Cutter Atau Gunting
Saringan
Meja
Lampu Gantung
Pinset
Bak Air
Kuas Kecil Atau Sikat Gigi
Kipas Angin
Handuk Kecil
Keranjang Sampah

Cara Mencuci Sarang Walet

  • Langkah awal adalah Anda menyiapkan suatu alat yang dibutuhkan Lalu Anda bisa memasukkan tanaman ke dalam baskom
  • Tuangkan air bersih untuk merendam sarang walet lalu bersihkan sarang dengan menggunakan jika secara perlahan agar bulu dan kotoran yang melekat kita bilang
  • Selanjutnya Anda bisa memotong bagian kaki sekarang apabila terlalu besar dan juga bagian dinding suaranya terlalu tebal
  • Selanjutnya Anda dapat mengangkat dan Munculkan kembali ke dalam baskom lalu dibersihkan dengan menggunakan sikat
  • Rendam minyak kotoran yang menempel bisa larut
  • Diamkan sarang walet sampai air meresap untuk mempermudah proses minta bukan bulu
  • Jika sudah merasa maka bulu bisa dibersihkan dan kotoran yang menempel juga bisa dibersihkan menggunakan pinset
  • Cuci bersih sarang lalu masukkan sarang ke dalam baskom yang berisi air dan buang kotoran serta bulunya
  • Angkat sekarang dan Letakkan pada cetakan lalu jepit dan gantung untuk kemudian dikeringkan
  • Anda dapat menggantung dan mengangin-anginkan sarang walet sekitar 24 jam di dalam ruangan menggunakan pendingin atau menggunakan mesin pengering
  • Jika sarang walet benar-benar depannya pada toples atau tempat penyimpanan yang aman.