Hama Meresahkan, Ketahui Jenis Hama Sarang Walet & Cara Mengatasinya

Burung walet merupakan salah satu jenis burung yang membutuhkan ketenangan dan sensitif terhadap sesuatu yang asing baginya. Semakin tenang rumah burung walet maka semakin produktif pula burung walet dalam berkembangbiak maupun memproduksi sarangnya. Terdapat jenis-jenis pembasmi hama dan aromatic yang dapat mencegah masuknya hama. Sahabat walet juga perlu mengetahui jenis-jenis hama yang sering kali mengganggu walet. Berikut hama dan cara mengatasinya dengan cara manual dan efektif.

Semut

Terdapat banyak jenis semut yang mengganggu walet. Salah satu semut yang bisa merusak koloni burung walet yakni jenis semut api (Solenopsis Invicta). Semut api tidak hanya mengganggu burung walet tetapi juga dapat memangsa telur walet, anakan burung walet, hingga induk walet hingga tersisa tulang belulang. Burung walet tidak betah dan berpotensi pindah dari rumah burung walet. Acapkali semut menciptakan koloni dan sarangnya dikayu seperti sirip. Jika hal tersebut luput dari pengawasan dan dibiarkan maka akan merusak banyak sirip didalam rumah burung walet.

Terdapat Cara mengatasi berbagai jenis semut yang menempati rumah burung walet.

  • Gula : memberikan gula disetiap sudut ruangan yang mana gula tersebut telah dicampur dengan racun. Pancingan gula juga dapat dilakukan diluar rumah burung walet dan saat semut berkumpul sahabat walet dapat menyemprotkan cairan anti serangga. Perlu dicatat, jangan sampai menyemprotkan anti serangga didalam rumah burung walet karena aromanya dapat mengganggu walet
  • Diamond : obat hama ini tidak memiliki aroma yang menyengat dan ampuh dalam membunuh, mengusir, maupun mencegah semut kembali masuk kedalam rumah burung walet.

Tokek & Cicak

Tokek dan cicak merupakan hama melata yang cukup berbahaya bagi koloni burung walet. Tokek maupun cicak dapat memangsa telur walet dan anakan walet. Adanya tokek maupun cicak juga dapat mengganggu burung walet karena suara yang dihasilkannya. Karena adanya suara tokek maupun cicak tersebut, burung walet tidak segan meninggalkan rumah burung walet dan tidak kembali lagi.

Cara mengatasi adanya tokek maupun cicak yakni :

  • Memasang ranjau : petani walet dapat mencegah masuknya tokek maupun cicak dengan memberikan baja yang telah dibuat tajam dan dipasang disekeliling LMB (Lubang Masuk Burung). Baja yang tajam tersebut dapat mencegah tokek maupun cicak berusaha masuk kedalam rumah burung walet
  • Menutup ventilasi udara dengan kawat : ventilasi udara acapkali menjadi tempat masuknya tokek maupun cicak. Pengaplikasian kawat dengan jarak yang sempit dapat mencegah masuknya tokek dan cicak tapi tidak menghambat masuknya udara kedalam rumah burung walet.

Tikus

Hewan pengerat ini menjadi musuh para petani walet karena sukar untuk dibasmi. Tikus dapat mengganggu kawanan walet karena dapat memangsa telur, sarang, anakan walet, bahwa induk walet. Kedatangan tikus juga dapat mengganggu produksi walet karena bau yang dibawa oleh tikus. Kadangkali tikus menciptakan suara yang dapat mengganggu kawanan burung walet. Berikut tips untuk mencegah dan mengusir tikus didalam rumah burung walet.

  • Membuat licin : petani walet dapat memasang minyak goreng baru disetiap tempat yang diduga sebagai sarana tikus untuk memanjat
  • Menutup ventilasi udara dengan kawat : beberapa tikus dapat memanjat tembok tinggi dan masuk kedalam rumah burung walet melalui ventilasi udara. Pemberian kawat didalam ventilasi udara dapat mencegah tikus masuk kedalam
  • Racun : terdapat banyak racun tikus yang banyak dijual dionine shoping yang tidak menimbulkan aroma yang dapat mengganggu walet. Racun tersebut juga mengandung bahan kimia khusus yang membuat bangkai tikus tidak menimbulkan aroma busuk.

Kecoa

Serangga ini juga dapat mengganggu aktifitas walet. Kecoa merupakan serangga yang aktif dan walet merasa tidak nyaman dengan itu. Terkadang kecoa memangsa telur walet dan membawa bakteri dari luar. Saat walet tidak nyaman karena adanya kecoa, walet berpotensi meninggalkan rumah burung walet dan mencari tempat singgah yang lain.

Berikut cara menghadapi dan mencegah kecoa didalam rumah burung walet :

  • Menyingkirkan barang-barang : kecoa menyukai bersembunyi pada barang-barang yang terpakai. Petani walet dapat menyingkirkan barang-barang yang terpakai didalam rumah burung walet agar tidak dijadikan sarang oleh koloni kecoa
  • Insektisida diamond : sama halnya dengan obat hama untuk membunuh, mengusir, dan mencegah semut. Insektisida diamond juga dapat dipakai untuk membasmi hama kecoa

Burung Hantu & Kelelawar

Kedua Burung predator ini merupakan ancaman yang nyata bagi burung walet. Burung hantu acapkali menunggu burung walet di LMB dan tak jarang pula masuk kedalam rumah burung walet dan menghabiskan koloni burung walet. kelelawar juga melakukan hal demikian. Keleawar akan memburu burung walet ketika malam gelap telah tiba. Burung walet yang mengetahui ancaman tersebut akan pindah tempat dan enggan masuk kedalam rumah burung walet.

Berikut cara mencegah burung hantu dan kelelawar masuk kedalam rumah burung walet :

  • Memasang baja tajam pada LMB : burung hantu seringkali bertengger pada LMB saat malam hari menunggu burung walet masuk dan menyantapnya. Pemasangan baja tajam pada LMB berfungsi untuk mencegah burung hantu bertengger pada LMB. Baja tajam juga dapat mencegah kelelawar masuk karena kelelawar tidak memiliki kemapuan terbang dengan manuver (lincah) seperti walet.
  • Lampu Sorot : penggunaan lampu sorot mencegah burung hantu dan kelelawar masuk kedalam rumah burung walet karena kedua predator tersebut tidak menyukai lampu atau cahaya yang sangat terang

Petani Walet

Mungkin sahabat walet bertanya-tanya mengapa petani walet masuk kedalam hama yang tidak disukai walet. perlu sahabat walet ketahui jika burung walet tidak menyukai sesuatu yang asing bagi dirinya. Burung walet merupakan hewan yang sangat sensitif. Keberadaan manusia yang terlalu sering masuk kedalam rumah burung walet dapat mengganggu mereka. Petani walet cukup masuk kedalam burung walet hanya 1 kali dalam 3 bulan untuk membersihkan kotoran walet yang menumpuk. Pembersihan juga dilakukan ketika siang hari saat kebanyakan burung walet pergi untuk mencari makan.

Setelah sahabat walet mengetahui jenis-jenis hama dan cara mengatasinya, sahabat walet juga perlu melakukan perawatan pada rumah burung walet seperti menjaga kebersihan diluar rumah burung walet. menjaga kebersihan merupakan upaya agar tidak menarik perhatian hama dari luar.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com