Cara Tepat Memelihara Burung Walet

Memelihara burung walet memiliki berbagai macam tujuan diantaranya tujuan untuk dijadikan bisnis atau hanya di sebagai hobi Semata. Jika anda ingin memelihara burung walet untuk jadikan hobi maka anda bisa membuatkan rumah khusus yang tidak terlalu besar sebagai tempat untuk burung walet tinggal. Namun apabila anda memelihara burung walet untuk dijadikan bisnis budidaya maka anda harus menyiapkan tempat atau gedung yang cukup besar sebagai sarang walet untuk berkembang biak dan juga memproduksi sarang walet nya.

Burung walet yang akan dipelihara ada baiknya jika ditempatkan pada tempat yang luas karena pada hakikatnya nya habitat burung walet tinggal pada lingkungan yang bebas dan luas seperti gua ataupun tebing pantai. Jika anda memeliharanya pada sangkar ataupun kandang yang kecil maka kemungkinan besar burung walet akan stres dan tidak dapat bertahan lama.

Cara Budidaya Burung Walet

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis budidaya burung walet dengan menghasilkan sarang burung walet yang berkualitas diantaranya:

  • Menyiapkan lahan atau tempat yang sesuai seperti Gedung Kosong ataupun rumah kosong yang memiliki luas tertentu
  • Mengetahui kondisi habitat dari burung walet tersebut agar burung walet merasa nyaman dan aman untuk tinggal pada rumah yang sudah disediakan
  • Menyiapkan makanan yang tepat agar produksi dari sarang burung walet memiliki kualitas yang diinginkan
  • Mengerti perbedaan dari klasifikasi bentuk walet sehingga Anda bisa menentukan sarang walet yang nantinya anda inginkan

Pemeliharaan Burung Walet

Pemeliharaan burung walet dapat dikatakan mudah namun memerlukan ketelitian yang sangat tinggi. Bila anda salah dalam menerapkan beberapa apa cara untuk memelihara burung walet maka bisa saja burung tersebut akan cepat mati ataupun tidak bertahan lama. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah menyiapkan tempat yang sesuai dengan kelembaban dan juga cahaya yang sudah ditentukan agar burung walet merasa nyaman tinggal pada gedung tersebut dan bisa reproduksi dengan baik untuk menghasilkan sarang walet yang diinginkan.

Sebenarnya tempat atau rumah burung walet tidak memerlukan kebersihan yang sangat tinggi karena pada habitatnya sendiri burung walet tinggal dalam Goa yang tidak terlalu bersih dan banyak dihinggapi ulat ataupun nyamuk yang nantinya dapat dijadikan pakan alami yang bisa dimakan oleh burung.

Pakan Burung Walet

Burung walet biasanya memakan makanan alami seperti ulat, semut, nyamuk dan berbagai macam serangga lainnya. Selain itu burung walet juga biasanya memakan biji-bijian terutama yang diberikan oleh para pembudidaya karena biji-bijian produksi dari air liur dan juga perkembangbiakan dari burung walet. Sebagai pembisnis budidaya sarang burung walet tentunya Anda harus membuat rumah walet atau gedung walet yang sesuai agar Walet betah tinggal pada tempat tersebut. Caranya dengan cat rumah walet yaitu warna hitam atau warna putih.