Cara Sederhana Budidaya Sarang Burung Walet

Melakukan bisnis budidaya walet merupakan hal yang saat ini dipercaya sangat menjanjikan karena hasil dan omsetnya yang bisa mencapai ratusan juta. Saat ini juga telah banyak pemula yang mulai mempelajari tentang budidaya walet dengan mengikuti berbagai macam latihan hingga ga seminar agar berhasil untuk menjadi pembisnis walet. Apabila bisnis budidaya walet ini dilakukan dengan benar maka akan sangat menjanjikan dan mendatangkan untung yang sangat besar.

Bagi anda para pemula dalam melakukan bisnis budidaya walet maka anda harus melakukan beberapa hal dan mengetahui beberapa hal yang yang bisa menjadikan proses budidaya tersebut rhasil dan sesuai dengan ekspektasi anda. Salah satu cara adalah dengan mengetahui habitat dan ekosistem asli dari sarang burung walet dan membangun rumah walet yang sesuai dengan ekosistem dan habitatnya.

Langkah Membuat Rumah Walet

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat rumah walet yang baik dan benar sehingga walet akan betah untuk tinggal di rumah tersebut.

Lokasi

Metode utama untuk membuat rumah walet yaitu adalah rumah yang nantinya akan disukai walet untuk berkembang biak dan juga menghasilkan sarang. Anda perlu untuk mencari tempat yang memiliki banyak populasi walet dan apabila anda ingin mendatangkan walet ke rumah atau gedung walet maka anda bisa menggunakan parfum walet, rekaman suara dan juga membeli telur walet.

Warna Cat Gedung

Karena kita harus menyesuaikan dengan habitat dari burung walet maka sebaiknya anda menggunakan cat berwarna hitam karena Rumah Walet dengan cat berwarna hitam akan lebih lembab dan menyerap hawa panas yang berlebihan untuk mengganggu produksi dari burung walet.

Suhu

Usahakan untuk membuat suhu ruangan burung walet berkisar antara 27 hingga 29 derajat Celcius Karena suhu yang panas akan membuat suara tidak nyaman untuk tinggal di situ.

Gerbang Masuk

Anda juga harus menyediakan pintu masuk dan pintu keluar yang bisa digunakan untuk walet untuk terbang dan untuk mencari makan secara alami di luar rumah walet.

Ventilasi

Pemberian ventilasi udara yang tepat bertujuan agar Walet dapat menyesuaikan dengan lokasi kandang yang dibangun dan untuk memperbanyak udara keluar masuk. Anda bisa memberikan ventilasi dengan jarak 4 meter agar suhunya tidak terlalu dingin.

Ukuran Gedung

Ukuran dari rumah burung walet pada umumnya memiliki ukuran yang bervariasi dengan ukuran gedung 5 lantai atau dua lantai dan dengan ketinggian berlantai nya sekitar 2 hingga 2,5 meter.

Material Gedung

Pemilihan material gedung merupakan hal yang juga cukup menjadi perhitungan karena hal tersebut dapat mempengaruhi suhu dan kelembaban dari rumah walet.