Cara Mengetahui Lokasi yang Bagus Untuk Ekosistem Sarang Burung Walet

Poin penting dalam membangun Rumah Burung Walet (RBW) adalah dengan menentukan lokasi dimana RBW dapat dibangun. Lokasi merupakan faktor penentu dan utama untuk membangun gedung walet agar investasi yang dijalankan meraih hasil yang maksimal. Lokasi burung walet biasanya menyesuaikan karakteristik burung walet itu sendiri, yakni berada di wilayah yang dekat dengan sumber air dan sumber pangan mereka (serangga kecil). Untuk memastikan lokasi Rumah Burung Walet (RBW) dibutuhkan beberapa pancingan suara untuk melihat potensi burung walet. Dimana saja potensi lokasi yang bagus untuk membangun Rumah Burung Walet? Yuk mari simak.

Lokasi yang Bagus untuk Sarang Burung Walet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi merupakan penentu utama untuk keberhasilan usaha burung walet. Burung walet menyukai hidup yang bebas sehingga membutuhkan lokasi yang luas dan terbuka. Ditambah jenis makanan yang disukai burung walet yaitu serangga kecil sehingga lokasi yang cocok di tempati adalah sebagai berikut.

Lokasi Persawahan

Persawahan yang disarankan adalah persawahan padi karena banyak ditemukan pakan burung seperti wereng, belalang, capung, yang disukai oleh burung walet. Lokasi perkebunan (tetapi harus cek lokasi terlebih dahulu). Tidak semua perkebunan dapat dijadikan lokasi pembangunan rumah burung walet, biasanya perkebunan yang disarankan adalah perkebunan kelapa sawit karena banyak ditemukan banyak serangga kecil. Hal lain yang diperhatikan adalah berapa luas area perkebunan. Penting sebab burung walet adalah burung liar yang mencari makan sendiri di alan sekitar. Luasnya lahan perkebunan dapat menjadi ukuran stok pakan jangka panjang

Lokasi Pinggir Laut

Burung walet bisa terbang dengan bebas sambil bermain di laut dan pinggir laut menciptakan kenyamanan untuk burung walet dengan hawanya yang dingin. Beberapa daerah di Indonesia banyak yang membangun rumah burung walet di lokasi yang dekat dengan laut karena banyak ditemukan populasi walet di sana.

Lokasi Rawa-rawa & Tambak

Daerah rawa-rawa berhawa lembab dan banyak ditemukan serangga serta air. Meskipun tidak seluas laut, namun burung walet akan menyukai keadaan tersebut karena akan membuat kondisi dan suasana di rumah burung walet terasa lembab, dan walet menyukai kelembapan.

Cara Cek Lokasi Walet

  • Memperhatikan jumlah populasi walet di lokasi yang ditargetkan. Semakin banyak walet yang berada di lokasi itu maka semakin cepat rumah burung yang dibangun tersebut dihuni oleh walet. Hal ini berkaitan dengan mencari pangsa yang hendak diundang untuk menetap di rumah burung walet, apabila walet yang ditemukan sedikit maka dapat dikatakan sia-sia jika trburu-buru membangun rumah burung walet di lokasi tersebut.
  • Memperhatikan kelestarian di lokasi yang ditargetkan. Trik yang terdapat di poin adalah, yang walet muda mudah dipanggil masuk gedung baru sehingga dengan memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar akan menguntungkan pemilik rumah burung walet baru untuk menarik walet muda di rumah baru. Selain itu dengan banyaknya populasi walet muda menandakan sistem panen sarang walet di sekitar lokasi tersebut dilakukan secara tetasan yaitu panen sarang setelah anak walet terbang. Dengan demikian kelestarian populasi burung walet di lokasi tersebut terjaga secara baik. Sebaliknya, jika di lokasi tersebut banyak ditemukan walet tua, maka gedung-gedung walet di sekitarnya menjalankan pola panen rampasan, akibatnya kelestarian walet tidak terjaga dengan baik, maka dalam waktu tidak lama populasi walet akan semakin menyusut. Dan hindari lokasi seperti ini.
  • Kondisi pakan burung walet di sekitar lokasi. Seperti yang dijelaskan di atas, burung walet adalah burung liar yang mencari pakan di alam bebas sehingga penentuan lokasi harus memperhatikan kondisi ketersediaan pakan burung walet untuk menguntungkan petani walet dalam jangka waktu panjang.
  • Memeriksa kompetitor di sekitar lokasi yang hendak dibangun. Apabila jumlah rumah burung walet di sekitar lokasi sedikit, maka persaingan di lokasi tersebut tidak begitu berat. Bagi gedung baru, semakin banyak pesaing semakin kecil peluang keberhasilanya, sebaliknya semakin sedikit kompetitor akan semakin besar peluang berhasil memanggil walet.
  • Apakah sahabat walet sudah bersiap untuk memulai usaha burung walet? Untuk membantu sahabat walet, kami Markas Walet siap membantu sahabat walet mewujudkan impian berbisnis burung walet hingga sukses. Informasi selanjutnya sahabat walet dapat menghubungi kami melalui:

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com