Cara Membuat Sarang Walet Imitasi

Sarang walet imitasi atau dapat juga disebut sarang walet palsu merupakan sarang walet yang terbuat dari material plastik. sarang walet ini memiliki ukuran rata-rata tiga jari dari sarang asli. Material dari sarang walet imitasi ini bisa terbuat dari plastik karet ataupun juga dari kain. Sarang walet palsu atau imitasi ini biasanya dijual pada toko peralatan budidaya walet dengan Harga kisaran Rp10.000 per bijinya. Namun ada sebagian dari pembudidaya yang membuat sendiri salawat imitasi tersebut dengan bahan kardus yang dibentuk secara cembung.

Penerapan Sarang Walet Imitasi

Sarang walet palsu ini biasanya ditempelkan pada sirip yang ada di dekat tweeter inap dengan cara dipasang dengan menggunakan lem bakar atau dengan paku yang berukuran kecil. Penerapan nya pun harus kuat menempel pada papan karena sarang tersebut bisa menjadi tempat untuk burung walet bertelur dan mengerami telurnya. Rumah burung walet ataupun gedung walet yang awal beroperasional biasanya lebih baik menggunakan sarang imitasi.

Pembuatan Sarang Walet Imitasi

Awal mula dari pembuatan dari sarang burung walet imitasi ini karena burung walet tersebut terbukti mau menggunakan sarang burung yang dibuat dari rumput yaitu sarang burung Sriti atau daun cemara atau daun pinus. maka dari itu muncullah ide untuk membuat sarang burung imitasi sebagai pengganti dari sarang burung asli ketika masa panen berlangsung atau untuk menarik perhatian burung walet agar dapat bertelur di sarang tersebut.

Keuntungan Pembuatan Sarang Walet Imitasi

Pemakaian sarang imitasi digunakan sebagai pancingan atau trik yang tujuannya agar burung walet bisa menginap di sebuah rumah burung walet dan nantinya jika sudah masuk faktor produksi maka burung walet akan cepat bertelur tanpa harus membuat sarang sendiri ang biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Karena sudah ada ada sarang imitasi maka biasanya naluri induk burung walet dapat bertelur dan memiliki resiko cukup kecil untuk kabur atau kita ke tempat lainnya. Hal tersebut juga dikarenakan burung walet sudah merasa nyaman dan bisa menetap pada burung walet untuk beranak-pinak dan berproduksi.

Waktu Panen Sarang Palsu

Masa panen dari sarang palsu memiliki pola yang hampir sama dengan panen sarang asli dengan menerapkan pola panen stan berpasangan atau dapat disebut sebagai panen Apabila walet bisa terbang meninggalkan sarangnya. setelah itu sarang burung walet palsu tidak bisa digunakan lagi untuk berkembangbiak. Cara ini tidak membuat induk walet mengalami stres karena pas berkembang biak sudah selesai.

Kerugian Sarang Walet Imitasi

Tidak hanya mendapatkan keuntungan namun terdapat juga kerugian dengan menggunakan sarang burung walet imitasi yang di bisa dilihat dari perhitungan ekonomi. Karena bentuk sarang burung walet nantinya akan tidak utuh dan tidak berbentuk formal maka kualitasnya akan sangat rendah dan harga jualnya juga akan sangat murah.

Penggunaan sarang burung imitasi sebaiknya digunakan pada tahun awal atau tahun di mana awal pembentukan dari rumah burung walet. Hal ini disebut sebagai tahap produksi burung atau pengembangan populasi. Untuk selanjutnya sarang imitasi tersebut perlu dipanen agar burung walet dapat membuat sarang secara utuh dan tetap produktif.