Semakin Mendunia, Inilah Deretan Daerah Potensial Untuk Bisnis Sarang Walet

Sesuai yang disampaikan oleh Ketua Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPBSI) dalam laman bisnis.com bahwa ada beberapa daerah di Indonesia yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat budidaya sarang burung walet. Beberapa daerah tersebut yaitu seperti wilayah Sumatera, Kalimatan, hingga Sulawesi berpotensi tinggi menjadi daerah penghasil sarang burung walet. Selain beberapa daftar daerah potensial yang sudah disebutkan, beberapa wilayah lain yang berpotensi yaitu pulau Jawa dan Papua, meskipun belum setinggi dari wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, namun pulau Jawa dan Papua masih menjadi daerah potensial untuk budidaya burung walet. Hal tersebut tentu bisa membuka jalan untuk Anda yang menjalankan bisnis budidaya burung walet untuk mengembangkan bisnis di daerah yang lebih potensial agar bisnis Anda semakin berkembang hingga menjangkau pasar internasional.

Ciri – ciri Tempat yang Dihuni Banyak Burung Walet

Untuk Anda yang baru memulai atau sedang mengembangkan bisnis budidaya sarang burung walet, selain memilih daerah atau wilayah yang potensial, ada baiknya juga jika Anda mengetahui seperti apa ciri – ciri tempat yang dihuni oleh banyak burung walet. Lokasi yang digemari atau disukai oleh burung walet adalah lingkungan dengan tingkat kelembaban tinggi seperti hutan, sawah, pesisir, dekat dengan gunung, sungai, danau, atau bisa juga dekat dengan rumah burung walet yang telah terbangun lama.

Rumah burung walet dengan populasi burung walet yang padat akan memaksa koloni walet yang berada pada rumah tersebut berpindah ke rumah atau gedung lain karena merasa lebih bebas untuk bersarang dan berkembang biak. Lalu buat rumah burung walet sebagai tempat budidaya sarang burung walet tersebut semirip mungkin dengan habitat aslinya, sehingga burung walet akan merasa nyaman untuk datang, tinggal, dan menatap hingga berkembang biak di rumah burung walet yang sudah Anda siapkan.

Potensi Budidaya Sarang Walet di Pasar Internasional

Sebagai Negara eksportir sarang burung walet terbesar, sampai saat ini industri sarang burung walet memiliki potensi yang akan terus tumbuh dan bisa berkembang pesat. Hal tersebut tentu menjadi kesempatan yang baik untuk petani atau pembudidaya sarang burung walet untuk semakin mengembangkan bisnisnya hingga tembus ke pasar internasional. Memulai dari memilih lokasi di wilayah atau daerah potensial dan dilanjutkan dengan pembangunan rumah burung walet dan mempertahankan kenyamanan burung walet menjadikan bisnis sarang burung walet akan semakin berkembang.

Mengapa Burung Walet Begitu Diminati?

Sebagai salah satu jenis hewan yang menghasilkan sarang burung dengan banyak manfaat, tentu burung walet kian diminati oleh banyak orang. Sarang burung walet sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit manusia. Nutrisi yang terkandung dalam sarang burung walet dinilai mampu membantu mencegah berbagai penyakit mulai dari diabetes hingga penyakit kronis seperti kanker. Tidak hanya itu, kandungan sarang burung walet juga dapat membantu proses regenerasi sel – sel kulit mati, memudarkan flek serta kerutan sehingga kulit akan menjadi lebih cerah dan tidak kusam.

Untuk sarang burung walet sendiri bisa dipasarkan dalam berbagai bentuk dan juga jenisnya tentu dengan gradenya masing – masing dan dibandrol dengan harga yang berbeda pula. Semakin sedikit proses pengolahan, dan bentuk atau kualitasnya masih terjaga dengan baik, maka semakin mahal sarang burung walet tersebut dipasaran. Tertarik untuk memulai bisnis sarang burung walet?