Mengenal Sarang Burung Walet, Perbedaan Jenis dan Kelebihannya

Burung walet merupakan salah satu jenis burung yang menjadi incaran oleh banyak orang untuk dibudidayakan, hal tersebut dikarenakan burung walet mampu menghasilkan sarang burung yang memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Lain halnya dengan burung – burung lain, sarang burung walet bisa dikonsumsi dan menjadi minuman maupun makanan dengan nilai yang tergolong tinggi, itulah mengapa burung walet menjadi incaran banyak orang untuk dibudidayakan karena tergolong dalam usaha atau bisnis yang menjanjikan. Sebagian besar habitat burung walet bisa ditemukan di goa – goa terutama yang berada di pesisir pantai ataupun tempat dengan tingkat kelembaban yang tinggi, namun pada dasarnya burung walet bisa untuk tinggal di mana saja, asalkan memiliki suhu serta kelembaban yang pas.

Secara fisik, burung walet bisa dikenali dari sayapnya yang panjang serta memiliki paruh yang runcing, sementara untuk warnanya, mayoritas memiliki warna hitam dengan warna coklat pada bagian bawah tubuhnya. Setelah mengetahui secara singkat tentang burung walet, kali ini mari kita bahas apa saja jenis – jenis sarang burung walet yang bisa dihasilkan sarang burung walet? Mari kita simak.

Ragam Jenis Sarang Burung Walet

Pada umumnya dan yang banyak dikenal oleh masyarakat luas, sarang burung walet hanya memiliki jenis original yang berwarna putih saja, namun tentu sarang burung walet terdiri dari beberapa jenis serta warna dengan pilihan harga yang beragam pula. Ada beberapa faktor yang bisa menentukan jenis – jenis sarang burung walet yang akan dihasilkan nantinya, seperti misalnya lingkungan atau daerah asal, tingkat populasi burung walet dalam rumah burung walet tersebut, kebersihan udara, kebersihan pada rumah burung walet, dan juga standar air yang digunakan pada rumah burung walet tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis sarang burung walet yang saat ini sudah ada dipasarkan dan beberapa kelebihannya :

Sarang Burung Walet Putih Original atau Mangkok

Jenis yang pertama adalah jenis sarang burung walet yang paling bagus dengan harga jual yang tergolong mahal yaitu sarang burung walet putih dengan bentuk yang serupa dengan mangkok. Menjadi mahal dan paling dicari karena putih dari sarang burung walet ini dihasilkan secara alami dan tidak diberi pemutih. Perlu diketahui bahwa semakin sedikit sarang burung walet tersebut disentuh maupun diolah, maka semakin tinggi tingkat keaslian sarang burung walet tersebut, sehingga harga jual yang diberikan bisa relatif mahal.

Sarang Burung Walet Segitiga atau Sudut

Sesuai dengan namanya, sarang burung walet segitiga ini memiliki bentuk yang serupa dengan bentuk segitiga yang memiliki sudut – sudut runcing. Sarang burung walet segitiga ini biasanya berada di lokasi pada sudut – sudut rumah burung walet, maka bentuknya menjadi segitiga maupun sudut dan secara ukuran, sarang burung walet memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis sebelumnya.

Sarang Burung Walet Patahan

Tidak sama dengan bentuk dari kedua jenis sarang burung walet sebelumnya, sarang burung walet patahan memiliki bentuk yang tidak sempurna karena proses panennya menggunakan alat – alat sehingga dapat menyebabkan sarang burung walet tersebut patah.

Sarang Burung Walet Merah

Sarang burung walet jenis merah ini membuktikan bahwa sarang burung walet tidak hanya terdiri dari sarang burung walet putih saja. Warna merah pada sarang burung walet in dihasilkan dari air liur burung walet yang bercampur dengan darah burung walet ketika mengeluarkan telurnya. Sarang burung walet merah ini juga memiliki harga yang relatif mahal karena tergolong dalam sarang burung walet yang langka dan susah untuk ditemukan.

Sarang Burung Walet Strip

Bila dilihat dari bentuknya, sarang burung walet strip ini memiliki bentuk yang hampir seperti mangkok, namun lebih tidak beraturan karena pembuatan sarang burung walet ini tidak melalui proses cetak ketika proses pembersihan dilakukan.