Intip Cara Membersihkan Kotoran Sarang Burung Walet yang Benar

Sarang burung walet yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat memang sangat baik untuk dikonsumsi, namun tentu harus melalui tahap atau proses pembersihan terlebih dahulu. Cara membersihkan kotoran pada sarang burung walet pada dasarnya dapat dilakukan dalam dua metode atau dua skala diantaranya adalah pembersihan kotoran dengan skala kecil dan juga pembersihan kotoran dengan skala besar.

Kedua metode atau skala pembersihan kotoran sarang burung walet tersebut berbeda, jika metode pembersihan skala kecil bisa dilakukan hanya dengan peralatan sederhana dan jumlah sarang burung walet yang sedikit, lain halnya dengan pembersihan skala besar yang sebagian besar akan dibantu dengan bantuan mesin dan jumlah sarang burung walet yang akan dibersihkan adalah banyak, namun sama baiknya dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan bagaimana cara membersihkan kotoran sarang burung walet yang benar menggunakan kedua metode atau skala pembersihan kotoran sarang burung walet agar sarang burung walet menjadi lebih bersih dan siap untuk dimasak kemudian dikonsumsi.

Pembersihan Kotoran Sarang Burung Walet Skala Kecil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pembersihan kotoran pada sarang burung walet dengan menggunakan skala kecil membutuhkan peralatan sederhana yang sering dijumpai, beberapa diantaranya yaitu ada pinset, bak air, kuas kecil atau sikat gigi, gunting atau cutter, meja, lampu gantung, saringan, kipas angin, handuk kecil, serta keranjang sampah. Cara atau proses pembersihannya juga lebih sederhana yaitu dimulai dari mempersiapkan semua peralatan yang akan digunakan, kemudian sarang burung walet yang masih kotor tersebut masukkan dalam baskom yang sudah berisi air bersih. Pembersihan awal bisa dilakukan dengan menyikat secara perlahan kotoran yang menempel pada sarang burung walet menggunakan kuas atau sikat yang sudah disiapkan.

Pada proses pembersihan ini, sarang burung walet yang dirasa terlalu besar dan terlalu tebal bisa dipotong atau dikeluarkan terlebih dulu. Proses pembersihan sarang burung walet skala kecil memang harus dilakukan secara berulang sampai sarang burung walet tersebut benar – benar bersih dan tidak hanya dilakukan sekali perendaman saja. Ketika sudah melalui proses berkali – kali perendaman dan pembersihan kotoran pada sarang burung walet, sarang tersebut bisa diangkat dan digantung dengan dijepit guna mengeringkannya.

Proses pengeringan sarang burung walet bisa dilakukan dalam kurun waktu 24 jam di dalam ruangan menggunakan pendingin dan hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung. Simpan di tempat yang bersih dan aman ketika proses pembersihan telah dilakukan hingga selesai.

Pembersihan Kotoran Sarang Burung Walet Skala Besar

Jika pembersihan sarang burung walet skala kecil cenderung menggunakan peralatan sederhana, maka lain halnya dengan skala besar yang menggunakan mesin karena sarang burung walet dengan jumlah banyak yang akan dibersihkan. Beberapa peralatan yang bisa digunakan yaitu drum besar dengan kisaran tinggi 70 cm dan berdiameter 50 cm, kipas pemutar air yang diletakkan di bagian bawah drum di mana kipas ini berguna untuk memutar air pada drum nantinya, kemudian saringan, kran pelepas air cucian, dan mesin penggerak air dalam drum. Pada dasarnya proses pencuciannya pun sama dengan metode sebelumnya, namun pada tahap awal, bisa dilakukan pemisahan antara sarang burung walet yang memiliki banyak kotoran dengan sarang burung walet yang tidak terlalu kotor, pemisahan ini bertujuan untuk memudahkan proses pencucian nantinya.

Drum yang sudah disiapkan tersebut harus diisi air hingga penuh, barulah sarang burung walet dimasukkan, dan proses pencucian atau pembersihan kotoran sarang burung walet bisa dilakukan. Setelah sarang burung walet dimasukkan dalam drum yang sudah disambungkan dengan mesin penggerak air, proses pembersihan bisa dilakukan. Meskipun dengan bantuan mesin, proses pembersihan sarang burung walet dalam skala besar ini juga perlu dilakukan secara berulang guna memastikan kotoran pada sarang burung walet benar – benar bersih tidak bersisa. Ketika sudah bersih, sarang burung walet bisa dikeringkan dengan mesin pengering, kemudian sarang burung walet siap untuk dipasarkan dan juga dikonsumsi.