Baik Untuk Dikonsumsi, Inilah Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan

Sarang burung walet yang terbuat dari air liur dari burung walet ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan dalam sarang burung walet meliputi berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, asam amino, dan berbagai macam vitamin, sehingga konsumsi sarang burung walet bisa meningkatkan ketahanan tubuh dan juga membantu mencegah penyakit berbahaya. Berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi dalam sarang burung walet juga diperkuat dalam berbagai jurnal penelitian ilmiah yang menunjukkan data – data akurat terkait fungsi serta manfaat yang ada dalam sarang burung walet tersebut.

Bahkan sarang burung walet juga tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh bagian dalam, namun juga bagian luar seperti kesehatan kulit wajah. Mari kita simak berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh sarang burung walet untuk kesehatan tubuh manusia :

Sumber Mineral yang Baik

Salah satu kandungan nutrisi yang baik dari sarang burung walet adalah mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, beberapa diantaranya seperti mangan, tembaga, seng, serta kalsium. Kandungan mineral mangan sangat bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, dan juga melancarkan proses metabolism karbohidrat, kolesterol, serta asam amino yang ada di dalam tubuh manusia. Kemudian tembaga yang berperan sebagai penjaga kesehatan jantung yaitu mampu membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh serta menstabilkan tekanan darah, dan masih banyak lagi manfaat baik lainnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sarang burung walet juga dinilai mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, oleh karena itu sarang burung walet ini baik untuk dikonsumsi bagi anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Selain itu, sarang burung walet juga sudah menjadi obat tradisional di China sejak lama karena memiliki khasiat yang luar biasa baik untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

Sarang burung walet juga mengandung asam folat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan baik untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam perut. Oleh karena itu, mengkonsumsi sarang burung walet ketika sedang hamil juga disarankan.

Mencegah Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan salah satu faktor resiko terbesar untuk penyakit diabetes dan dengan mengkonsumsi sarang burung walet secara rutin berpotensi untuk mencegah terjadinya resistensi insulin. Kandungan nutrisi dalam sarang burung walet tersebut mampu mencegah otak melepaskan sinyal yang bisa memicu peningkatan produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak secara berlebihan.

Sumber Asam Amino Esensial

Burung walet menghasilkan sarang burung dari air liur dengan kandungan protein khusus yang mengandung berbagai macam asam amino seperti asam aspartat dan prolin yang berfungsi untuk regenerasi sel, sistein dan fenilalanin untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, serta kerja penyerapan vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari, kemudian trosin yang berfungsi untuk mempercepat pemulihan luka atau sakit, dan glukosamin yang berfungsi untuk membantu proses pemulihan tulang rawan. Dari beberapa kandungan asam amino tersebut tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan, oleh karena itu, mengkonsumsi sarang burung walet secara teratur dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Terjadinya Resiko Kanker

Sarang burung walet adalah salah satu makanan yang kaya akan antioksidan di mana antioksidan mampu melawan efek radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya dan kronis seperti kanker. Selain itu, anti oksidan juga merupakan senyawa aktif yang bisa memperbaiki kerusakan pada sel – sel sehat di dalam tubuh akibat dari radikal bebas.