10 Manfaat Sarang Walet Bagi Kesehatan

Masyarakat Tiongkok sejak ratusan abada yang lalu dikenal ahli dalam meracik pengobatan alternatif. Di Indonesia sendiri ramuan tradisional yang yang diramu oleh shinse cukup di gemari masyarakat tanah air. Salah satu bahan dasar ramuan para shinse adalah sarang burung walet. Sarang Walet hingga kini masih diyakini mengandung banyak food suplement yang memiliki khasiat yang tinggi.

Sarang Walet memiliki kandungan gizi yang berlimpah. Sarang walet memiliki keunggulan dalam kandungan protein dan kalsium jika dikomparasikan dengan bahan makanan lain yang juga memiliki kandungan protein dan kalsium. Sarang walet memiliki kandungan lemak yang sangat rendah hingga kandungan asam aminonya yang komplit dapat dicerna oleh tubuh dengan sempurna. Berikut perbandingan kandungan gizi sarang walet dengan daging sapi.

Kandungan
Sarang Walet
Daging Sapi
Protein (g)
37,5
19,3
Lemak (g)
0,3
22
Karbohidrat (g)
32,1
0
Kalsium (mg)
485
10
Fosfor (mg)
18
150
Zat besi (mg)
3
2,7
Air (g)
24,5
60

Kandungan Gizi Sarang Walet

Protein

Protein sarang walet sangat tinggi bila dibandingkan dengan protein yang terdapat pada daging sapi. Berikut manfaat sarang walet bagi kesehatan :

  • Protein berfungi untuk menciptakan immunoglobulin atau biasa disebut dengan antibodi. Antibodi memiliki peran untuk melawan infeksi bakteri atau virus dalam tubuh. Antibodi juga berperan dalam mencegah bakteri atau virus yang sama sebelumnya masuk kembali kedalam tubuh. sel imun akan selalu ”mengingat” cara tubuh untuk menghalau bakteri atau virus dengan sangat cepat.
  • Protein memiliki enzim yang berfungsi sebagai penghancur racun dalam tubuh. Enzim juga mengatur cairan dalam organ pencernaan manusia, hal tersebut agar proses pencernaan makanan lancar.
  • Protein memberikan tubuh energi ekstra untuk melakukan beberapa kegiatan sehari-hari. Kadar protein juga harus diperhatikan, sebab jika asupan protein terlalu berlebihan maka akan mengubah menjadi lemak yang sama dengan karbohidrat.

Lemak

Lemak sarang walet cukup rendah, hal tersebut sangat baik danr dapat mengontrol lemak dalam tubuh. Berikut fungsi lemak sarang walet bagi tubuh:

  • Berfungsi sebagai transportasi vitamin agar dapat tersalurkan baik kedalam seluruh tubuh. Lemak membantu vitamin A,D, E dan K agar dapat larut dalam usus. Penyerapan zat-zat dalam vitamin juga tugas utama dari lemak
  • Berperan dalam melindungi organ-organ tubuh seperti kulit, rambut, ginjal, liver, dan organ reproduksi lainnya. Lemak melindungi beberapa organ agar tidak mudah cedera, luka, dan menahan organ tubuh tetap pada tempatnya. Organ yang dilapisi lemak seperti Otak, Ginjal, Jantung, dan usus. Fungsi lemak juga memberikan kehangatan bagi tubuh.
  • Memproduksi prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan senyawa yang berfungsi mengatur agar tekanan darah lancar, denyut jantung normal, dan mencegah pembekuan darah.
  • Kandungan lemak dalam tubuh juga harus di atur. Konsumsi lemak yang berlebihan bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh, seperti kerusakan pada arteri, penyumbatan pembuluh darah oleh plak dan adanya resiko penyakit jantung dll. Sarang walet memiliki sedikit kandungan lemak. Maka dari itu sarang walet sangat baik untuk kesehatan.

Karbohidrat

Sarang walet mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat pada sarang walet lebih banyak dari pada daging sapi. Berikut manfaat karbohidrat sarang walet bagi tubuh:

  • Untuk membantu menjaga massa otot ketika tubuh mulai lapar. Saat tubuh mulai merasakan lapar tidak semerta-merta tubuh langsung merasa lemas saat itu juga. Karbohidrat juga mencegah kerusakan otot saat aktifitas
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL, menghindarkan tubuh dari penyakit usus besar (divertikulitis).
  • Semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat membuat jantung semakin sehat
  • Karbohidrat bisa meningkatkan kadar gua dalam darah karena karbohidrat sendiri bisa memecahkan diri dan menjadi gula. Karbohidrat juga dapat mencegah penyakit Hipoglikemia atau gejala kadar gula dalam darah sangat rendah

Kalsium

Kandungan Kalsium sarang walet lebih tinggi daripada kandungan kalsium pada daging sapi. Berikut manfaat kalsium sarang walet bagi tubuh :

  • Kalsium sangat diperlukan dalam pembentukan dan memperkuat tulang dan gigi. 99% penggunaan kalsium dalam tubuh memang hanya untuk pembentukan tulang dan gigi. Penggunaan kalsium sudah digunakan sejak dalam kandungan hingga usia 30 tahunan. Setelah itu terdapat pengurangan kepadatan tulang karna faktor usia. Berarti sarang walet sangat dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Selain protein, kalsium juga dibutuh oleh tubuh untuk menggerakkan otot-otot dalam tubuh. otot yang dimaksud seperti jantung. Kalsium akan berfungsi jika saraf menstimulasi otot untuk membantu protein dalam menggerakkannya
  • Menkonsumsi kalsium juga dapat memecak lemak yang menumpuk di sel-sel tubuh. konsumsi kalsium tinggi juga dapat membantu mengurangi berat badan.

Fosfor

Fosfor sarang walet mengandung banyak manfaat bagi tubuh, berikut beberapa manfaat fosfor sarang walet :

  • Membantu melancarkan buang air kecil dengan teratur yang mana limbah metabolisme yang mengendap dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui urin (air seni). Fosfor berfungsi dalam keseimbangan semua cairan dan zat yang dikeluarkan oleh tubuh. Buang air kecil secara teratur membantu tubuh terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu ginjal.
  • Menjaga fungsi syaraf dan otot tetap bekerja optimal di seluruh tubuh manusia. Fosfor juga dapat mencegah kelelahan otot yang berakibat pada rasa nyeri yang berlebihan
  • Mengolah karbohidrat dan lemak agar lancar saat masuk kedalam sisstem pencernaan. Ketika pencernaan berkerja optimal maka akan menghindarkan tubuh dari obesitas dan kelebihan berat badan
  • Fosfor merupakan zat yang penting dalam stuktur DNA karena dapat di temukan hampir di sebagian sel tubuh. fosfor berperan aktif dalam proses perbaikan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.
  • Fosfor merupakan mineral penting pada otak. Kadar fosfor yang tepat dapat menjamin fungsi otak dalam pertumbuhan dan perkembangan kogntif. Mineral Fosfor dapat pula mengurangi resiko penyakit seperti Alzheimer dan demensia.

Zat Besi

Kandungan Zat Besi sarang walet sangat berperan aktif dalam mengakomodir oksigen ke seluruh tubuh. Berikut manfaat tubuh lainnya dari kandungan zat besi sarang walet :

  • Membantu pembentukan Hemoglobin yang mana bisa mencegah anemia. Zat besi mampu memberikan warna merah pekat pada sel darah merah yang selanjutnya akan memproduksi hemoglobin
  • Zat besi sangat baik untuk tumbuh kembang otak karena fungsi dari zat besi sendiri yakni mensuplay oksigen.
  • Selain untuk mencegah anemia, zat besi juga dapat membantu penyembuhan anemia dengan cepat karena membentuk darah merah secara cepat.
  • Membentuk beberapa Neurotransmitter essensial, serotonin yang berperan dalam mengolah dan mengirim sinyal saraf untuk kebutuhan fungsi otak.

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram: markaswaletdotcom
Facebook: Markaswalet.com